Jawa Pos

SETELAH TES KEDELAPAN DALAM SEPULUH HARI

-

OEIRAS, Jawa Pos – Sebenarnya, kabar pesepak bola dunia positif Covid-19 adalah hal biasa. Apalagi, sepak bola top dunia tetap bergulir meski pandemi Covid-19 belum menunjukka­n tanda-tanda usai. Tetapi, ceritanya menjadi tidak biasa saat menimpa megabintan­g Portugal dan Juventus Cristiano Ronaldo yang dinyatakan positif pada Selasa waktu setempat (13/10).

Ronaldo yang saat itu bergabung dengan skuad Portugal dalam ajang UEFA Nations League 2020–2021 otomatis segera menarik diri dari skuad berjuluk Os Navegadore­s tersebut. Meski begitu, Ronaldo masih sempat menonton sesi latihan juara bertahan UEFA Nations Leayang gue tersebut dari balkon hotel tempat dia menginap di Oeiras, Portugal. Sembari rileks berjemur.

Meski hasil dua kali tes swab-nya terbukti positif, kondisi CR7 pun terlihat bugar seperti biasa. Sebab, statusnya adalah OTG (orang tanpa gejala). Hal itu yang membuat pemain berusia 35 tahun tersebut konfiden bahwa virus korona segera enyah dari tubuhnya.

Sebagaiman­a dilansir Bola, Ronaldo ngeyel bahwa dirinya memang baik-baik saja. Kemarin, peraih lima kali pemain terbaik dunia FIFA itu sudah menjalani tes ketiga dengan hasil yang belum diketahui. Bahkan, dia sudah merencanak­an tes keempat yang rencananya dilakukan paling cepat hari ini (15/10).

Kakak perempuan Ronaldo, Katia Aveiro, melalui media sosial juga menyoroti hasil tes positif adiknya sebagai hal yang sangat konyol. Hal itu lantaran hanya Ronaldo

Apositif, padahal dia selalu bersama rekan setimnya di Portugal selama 10 hari. ”Ini hanya akal-akalan oleh mereka yang tidak suka (dengan kesuksesan Ronaldo, Red),” tulis Katia seperti dilansir The Sun.

Record menulis, hasil positif dua kali tes Ronaldo adalah tes kedelapan yang dilakukan kepada setiap pemain Os Navegadore­s selama sepuluh hari sejak 3 Oktober lalu. Informasi tersebut berasal dari analis olahraga Portugal Rui Pedro Braz kepada TVI. Artinya, enam tes sebelumnya yang dilakukan Ronaldo selalu menunjukka­n hasil negatif.

Hanya, tes ketiga yang dilakukan Ronaldo kemarin bukan gold standard (tes paling akurat). ”Apa pun hasil tesnya (kemarin, Red), Ronaldo sudah memiliki rencana kembali ke Turin untuk menjalani karantina di sana,” tulis TVI. Setelah melawan Swedia, agenda Portugal di UEFA Nations League memang sudah tuntas.

Untuk keinginan menjalani karantina di Turin, Ronaldo ingin mengikuti langkah dua rekannya di Os Navegadore­s yang sebelumnya terkonfirm­asi positif Covid-19. Yaitu, bek tengah Jose Fonte dan penjaga gawang Anthony Lopes. Keduanya kembali ke kota klub mereka masingmasi­ng, Lille (Lille OSC) dan Lyon (Olympique Lyon).

Terpisah, dokter ahli epidemiolo­gi Portugal Gustavo Tato Borges memberikan analisis tentang kans penularan kasus positif Covid-19 Ronaldo. Yakni, lanjut Borges, mengacu foto wefie unggahan Ronaldo saat makan malam dengan seluruh pemain (12/10).

Para pemain yang dekat dengan Ronaldo seperti bek Pepe, gelandang serang Sergio Oliveira, hingga bek kanan Joao Cancelo rentan terinfeksi. ”Mereka memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terinfeksi dalam beberapa hari mendatang,” ujarnya. Apalagi, Pepe dan Oliveira yang membela FC Porto sudah ditunggu rival klasik, Sporting CP, dalam lanjutan Primeira Liga akhir pekan nanti (18/10).

 ?? INSTAGRAM/CRISTIANO RONALDO FRANC K FIFE/AFP JOKO TRIONO/JAWA POS ??
INSTAGRAM/CRISTIANO RONALDO FRANC K FIFE/AFP JOKO TRIONO/JAWA POS
 ??  ?? RENTAN PENULARAN: Cristiano Ronaldo melakukan wefie dengan seluruh pemain Portugal dalam makan malam sebelum dirinya dinyatakan positif Covid-19. Foto bawah, laga terakhir Ronaldo adalah saat menghadapi Prancis di Stade de France (12/10).
RENTAN PENULARAN: Cristiano Ronaldo melakukan wefie dengan seluruh pemain Portugal dalam makan malam sebelum dirinya dinyatakan positif Covid-19. Foto bawah, laga terakhir Ronaldo adalah saat menghadapi Prancis di Stade de France (12/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia