Jawa Pos

Tirulah Neymar, Jangan seperti La Joya

-

CRISTIANO Ronaldo menambah daftar pesepak bola top yang positif Covid-19. Dalam sebulan terakhir saja, ada enam bintang yang terinfeksi korona. Tiga pemain pertama berasal dari trisula lini serang Paris Saint-Germain, Neymar Jr-Mauro Icardi-Kylian Mbappe. Berikutnya, ada duo Liverpool FC, gelandang Thiago Alcantara dan wide attacker Sadio Mane. Juga bomber AC Milan Zlatan Ibrahimovi­c.

Enam pemain itu memiliki durasi pulih berbeda yang bisa jadi ”referensi” Ronaldo. Trio Les Parisiens contohnya. Awalnya Neymar dan Icardi dilaporkan positif pada 2 September lalu. Tapi, Neymar malah sudah bebas virus korona per 11 September atau kurang dari 10 hari.

Lainnya relatif ”tertib” alias menjalani karantina mandiri selama 14 hari. Seperti Ibra yang melakukann­ya mulai 24 September hingga 8 Oktober. Ronaldo juga bisa berkaca dari pengalaman rekan seklubnya di Juventus, Paulo Dybala. Striker berjuluk La Joyaitusam­paimembutu­hkan waktu 47 hari untuk pulih (21 Maret hingga 7 Mei).

”Terlepas sistem imun tiaptiap orang berbeda dan menjadi faktor krusial dalam durasi kesembuhan, Ronaldo bisa bernasib sama seperti Dybala seandainya tidak patuh selama karantina mandiri,” tulis Tutto Juve.

Dukungan orang terdekat, dari keluarga sampai rekan seklub, juga punya andil. ”Aku sudah berbicara dengan Ronaldo. Dia baik-baik saja dan aku tidak khawatir dengannya,” ujar bek sekaligus kapten Juve Giorgio Chiellini kepada Tuttosport.

Aturan Serie A tentang durasi karantina mandiri juga menguntung­kan Ronaldo. Berbeda dengan UEFA yang mewajibkan 14 hari dan dua kali hasil tes swab negatif, Serie A hanya 10 hari dan sekali hasil tes swab negatif.

Sepuluh hari memang periode karantina minimum berdasar ketentuan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia). Liga-liga domestik di Eropa lainnya, termasuk Premier League, juga memberlaku­kan durasi isolasi mandiri minimum tersebut.

 ?? SEBASTIAN CASTANEDA/POOL/AFP ?? SUDAH PULIH: Neymar Jr (kiri) terlibat friksi dengan bek Peru Carlos Zambrano dalam kualifikas­i Piala Dunia 2022 zona Conmebol di Estadio Nacional kemarin (14/10).
SEBASTIAN CASTANEDA/POOL/AFP SUDAH PULIH: Neymar Jr (kiri) terlibat friksi dengan bek Peru Carlos Zambrano dalam kualifikas­i Piala Dunia 2022 zona Conmebol di Estadio Nacional kemarin (14/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia