Jawa Pos

Pandit Dadakan Dua Jam sebelum Kickoff

-

KOELN, Jawa Pos – ”Dia hanya satu di antara 15 orang di negara ini yang bisa mencapai status prestisius tersebut.” Begitu sepenggal kalimat ucapan selamat dari Presiden DFB (PSSI-nya Jerman) Fritz Keller kepada Toni Kroos di laman federasi kemarin (14/10).

Ya, Kroos menambah daftar centurion atau pemilik 100 caps Jerman kala tampil melawan Swiss di RheinEnerg­ieStadion kemarin. Di antara 15 nama, hanya Kroos dan second striker Bayern Muenchen Thomas Mueller yang masih aktif bermain di level internasio­nal. Mueller juga mencatat 100 caps, tapi saat ini tidak masuk skuad Die Mannschaft. Pemilik caps terbanyak Die Mannschaft adalah Lothar Matthaeus dengan 150 caps.

”Dia meraihnya bukan hanya karena konsistens­i, kerja keras, dan profesiona­lisme, melainkan juga lantaran karakteris­tiknya. Dia adalah role model di dalam lapangan maupun di luar lapangan,” puji Keller terhadap Kroos.

Terkait role model di luar lapangan, Kroos baru saja melakoni sesuatu yang baru.

Yaitu, menjadi pandit. Bahkan, aksi coba-coba pemilik julukan Garcom atau Si Pelayan itu dilakukan hanya dua jam sebelum kickoff laga keseratusn­ya.

Pemain Real Madrid tersebut tampil sebagai pandit dalam acara televisi ”Joko & Klaas gegen ProSieben”. Dua pembawa acara, Klaas HeuferUmla­uf dan Joachim ”Joko” Wintersche­idt, kebetulan teman baik Kroos. Tugas pemain 30 tahun itu adalah menganalis­is laga kualifikas­i Euro U-21 antara

Jerman versus Bosnia-Herzegovin­a saat turun minum. Itu pun hanya via pesan suara.

’’Cara Jerman melakukan serangan lewat umpan silang dan tembakan ke gawang masih perlu dimaksimal­kan.’’ Begitu salah satu analisis Kroos seperti dilansir Sport1.

Tapi, bicara memang mudah ketimbang melakoniny­a. Buktinya, Kroos yang dipercaya sebagai der kapitan dalam caps keseratusn­ya gagal memberikan kemenangan bagi Jerman. Die Mannschaft ditahan seri Swiss 3-3.

 ?? INA FASSBENDER/AFP ?? 100 CAPS: Gelandang Jerman Toni Kroos menghampir­i istri dan putrinya di tribun RheinEnerg­ieStadion setelah laga melawan Swiss.
INA FASSBENDER/AFP 100 CAPS: Gelandang Jerman Toni Kroos menghampir­i istri dan putrinya di tribun RheinEnerg­ieStadion setelah laga melawan Swiss.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia