Jawa Pos

Usul Sekolah Gratis sampai Tingkat SMA

Prioritask­an Sektor Pendidikan pada APBD 2021

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kebijakan-kebijakan pada APBD 2021 di sektor pendidikan mulai digodok. Kebijakan pro-publik mulai disuarakan para anggota dewan agar APBD yang bersumber dari pajak dan retribusi itu bisa bermanfaat untuk warga.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Surabaya Baktiono meminta agar ada alokasi anggaran untuk pendidikan setara SMA dan SMK. Dana tersebut bisa digunakan untuk menanggung seluruh kebutuhan siswa. Mulai SPP hingga kebutuhan belajar lain. Dengan begitu, pendidikan benar-benar gratis.

Menurut Baktiono, perlu ada beasiswa bagi siswa SMK dan SMA yang berprestas­i. Hal itu merupakan bentuk apresiasi pemkot kepada pelajar. ’’Karena pemuda merupakan penerus pembanguna­n di Surabaya,’’ jelas politikus PDI Perjuangan itu kemarin.

Pernyataan senada disampaika­n Ketua Komisi D Khusnul Khotimah. Ada lima poin penting dalam bidang pendidikan. Yaitu, melanjutka­n kebijakan pendidikan tahun lalu, beasiswa bagi mahasiswa, jangkauan sekolah gratis menyentuh SMA dan SMK, pemberian apresiasi bagi siswa yang berprestas­i di bidang agama, serta insentif bagi guru swasta.

Misalnya, insentif bagi guru swasta. Tahun lalu 2.700 tenaga pendidik swasta mendapatka­n itu. Nah, di masa pandemi, tentu pengajar membutuhka­n bantuan pemkot. ’’Lebih diperkuat,’’ jelasnya.

Pandangan berbeda disampaika­n Wakil Ketua DPRD A. Hermas Thony. Menurut dia, pemkot harus melihat kondisi terkini di bidang pendidikan. Saat ini siswa kesulitan untuk mengikuti pembelajar­an daring.

’’Kami meminta pembelajar­an tetap memperhati­kan protokol kesehatan,’’ tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatik­a (Diskominfo) M. Fikser menyatakan, seluruh kebutuhan pembelajar­an daring sudah dipenuhi. Pihaknya telah mengecek sambungan internet. ’’Seluruh balai RW sudah terkoneksi. Ditambah BLC,’’ jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Supomo mengatakan, usulan dewan bakal menjadi perhatian. ’’Impian kami, seluruh siswa Surabaya mendapatka­n pendidikan gratis,’’ ucapnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia