Jawa Pos

Masifkan Kampanye Donor Kornea

-

SURABAYA, Jawa Pos − Donor kornea sangat penting. Salah satunya membantu pasien yang mengalami kebutaan. Karena itu, RS Mata Undaan membuka Cornea Donation Center (CDC). Launching sarana baru tersebut dibarengka­n dengan acara bertajuk Berbagi Lentera: Donor Kornea Membuka Cakrawala untuk Semua.

Talk show tersebut bisa disaksikan secara daring melalui streaming YouTube yang berlangsun­g pukul 19.00 malam ini di channel YouTube CDC RSMU. ’’Akan ada penampilan grup band legendaris Padi Reborn yang personelny­a juga merupakan arek-arek Suroboyo,” ujar Ketua CDC RS Mata Undaan dr Dini Dharmawidi­arini SpM (K).

Pendirian CDC merupakan tonggak sejarah baru bagi Perhimpuna­n Perawatan Penderita Penyakit Mata Undaan (P4MU) yang genap berusia 105 tahun saat ini. ’’Salah satu peran yang akan digalakkan CDC adalah kampanye mengenai pentingnya donor kornea. Untuk mengatasi masalah tingginya angka kebutaan di Indonesia,’’ paparnya. ’’Satu kornea bisa ditrans_ plantasika­n pada lima pasien,’’ imbuhnya. Sejak 2016 hingga April tahun ini, sudah dilakukan 105 tindakan transplant­asi kornea.

CDC RSMU juga melatih para tenaga medis di daerah yang siap menjemput kornea calon pendonor. Kesiapan tersebut tergolong penting karena kornea yang telah didonorkan harus segera diambil setelah pendonor meninggal. Kemudian, kornea akan disimpan di CDC RSMU sebelum ditranspla­ntasikan kepada calon penerima donor. ’’Sampai saat ini sudah ada sejumlah keluarga di Jawa Timur yang mendaftark­an diri sebagai calon pendonor kornea. Ini sangat menggembir­akan. Dengan antusiasme itu, kami berharap masyarakat bisa ikut mendukung kampanye donor kornea melalui kerabat maupun rekan secara masif,’’ paparnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia