Jawa Pos

Industri Juga Jadi Sasaran Operasi Yustisi

-

SIDOARJO, Jawa Pos - Selain kecamatan dan desa-desa, seluruh industri di Sidoarjo akan menjadi sasaran operasi yustisi. Kemarin Pj Bupati Hudiyono mengawali dengan menggelar sidak di dua perusahaan di Sidoarjo.

Dua pabrik tersebut adalah PT Avian dan pabrik sepeda Polygon. Hasilnya, dua perusahaan tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Keduanya sudah memiliki SOP protokol kesehatan.

”Seratus persen karyawanny­a sudah pakai masker, kedua perusahaan juga sudah menerapkan protokol kesehatan.

Namun, saya minta lebih diperbanya­k lagi tempat cuci tangan dan lebih diperhatik­an kebersihan area pabrik,” kata Hudiyono seusai sidak.

Misalnya, di pabrik cat Avian, jika ada karyawan yang melanggar protokol kesehatan, diberi sanksi internal. Sanksi akan diperberat jika ada pegawainya yang terkena razia operasi yustisi. Yakni, pegawai akan disanksi surat peringatan (SP).

Aturan tersebut diberlakuk­an sejak adanya pegawai di sana yang terkena operasi yustisi. Sejak aturan itu berlaku, terbukti efektif sampai saat ini tidak ada lagi pelanggara­n.

Hudiyono menegaskan, jika ada karyawan yang terkena operasi yustisi di luar, pengelola pabrik akan mendapat teguran dari Pj bupati Sidoarjo. Bukan hanya karyawan yang terkena operasi yustisi.

”Ini adalah upaya kami bersama supaya Sidoarjo segera jadi zona kuning,” ujar Hudiyono.

Pemkab, jelas dia, menargetka­n dua minggu ke depan Sidoarjo sudah menjadi zona kuning.

Hudiyono juga meminta di dalam pabrik-pabrik lebih diperbanya­k tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia