Jawa Pos

Puluhan KPM Belum Cairkan BST

-

KABUPATEN MOJOKERTO, Jawa Pos – Giliran keluarga penerima manfaat (KPM) Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, yang menerima bantuan sosial tunai (BST) Kemensos tahap VII kemarin (14/10). Dari target 2.368 KPM, 97 di antaranya belum mengambil haknya. Banyaknya KPM yang datang, yakni 2.271 orang, membuat pencairan bantuan berjubel.

Mereka harus mengantre demi mendapatka­n bantuan senilai Rp 300 ribu per bulan itu. Penyaluran BST bagi warga terdampak Covid-19 tersebut berlangsun­g pukul 08.00 hingga 15.00. Namun, bagi KPM yang belum mengambil haknya, mereka masih bisa mencairkan di hari berikutnya (hari ini). ”Kalau mereka tidak bisa hadir, akan kami konfirmasi dulu. Setelah itu, keesokan harinya mereka bisa mengambil di kantor pos,” kata Koordinato­r Tenaga Kesejahter­aan Sosial Kecamatan (TKSK) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mojokerto Johana.

Dia menuturkan, KPM yang masih kesulitan untuk hadir mengambil bantuan tunai tersebut bisa diwakilkan. Syaratnya, harus hadir membawa surat kuasa dan pernyataan dibubuhi tanda tangan bermaterai. ”Ini merupakan upaya maksimal kami supaya hak mereka dapat diambil. Karena kalau nanti tidak diambil, akan kembali ke kas negara,” terangnya.

Dia menambahka­n, BST program Kemensos bersama kantor pos tersebut tidak memiliki masa kedaluwars­a. Sebab, KPM yang tak bisa mengambil haknya di tahap sebelumnya dapat mengambil BST di tahap berikutnya. ”Yang bulan lalu (tahap VI, Red) belum bisa ambil BST, bisa ambil hari ini (kemarin). Kami rekap dulu di tingkat kecamatan, lalu nanti ada feedback-nya,” imbuh Johan.

Dia memastikan, KPM penerima BST Kemensos tersebut bukan penerima bantuan ganda. Lantaran, data KPM tersebut berdasar DTSK (data terpadu kesejahter­aan sosial) dari Kemensos. ”Bisa dipastikan KPM ini tidak menerima bantuan ganda. Kami lacak NIK (nomor induk kependuduk­an) mereka dan dipadukan dengan data Dinas Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dispendukc­apil) Kabupaten Mojokerto untuk dipastikan ganda tidaknya (penerima bantuan, Red),” tegasnya.

Rencananya, lanjut dia, penyaluran BST itu berlanjut hingga Jumat (16/10), dan berlangsun­g mulai pukul 08.00 hingga 15.00. ”Penyaluran tahap VII ini kami jadwalkan sampai Jumat. Besok (hari ini, Red), kami salurkan BST untuk Kecamatan Mojosari, Puri, dan Ngoro.”

 ?? MARTDA V.A/JAWA POS RADAR MOJOKERTO ?? BERJUBEL: Ribuan KPM di Kecamatan Trowulan antre menunggu giliran pencairan BST di pendapa kecamatan kemarin (14/10).
MARTDA V.A/JAWA POS RADAR MOJOKERTO BERJUBEL: Ribuan KPM di Kecamatan Trowulan antre menunggu giliran pencairan BST di pendapa kecamatan kemarin (14/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia