Jawa Pos

Isu Tsunami Makin Marak

-

BANYUWANGI, Jawa Pos - Pasca mencuatnya hasil penelitian tim riset Institut Teknologi Bandung (ITB) soal potensi gempa besar dan tsunami wilayah perairan selatan Pulau Jawa, isu bakal terjadinya tsunami terus bermuncula­n di sejumlah wilayah pesisir Jatim.

Tak sedikit masyarakat yang dibuat panik. Namun, ada juga yang tetap tenang karena sudah mendapat sosialisas­i secara komplet.

Terakhir terjadi di wilayah Pantai Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi. Isu tsunami sempat beredar. Aktivitas warga di wilayah Grajagan sempat berkurang. Selain takut dengan isu itu, kondisi cuaca yang tidak bersahabat di Laut Selatan membuat nelayan enggan melaut.

Namun, kabar itu kini disikapi biasa oleh masyarakat. Mereka telah beraktivit­as normal. ”Sudah diberikan sosialisas­i terkait dengan potensi tsunami, warga merasa tenang,” kata Kepala Pelabuhan Grajagan Ahcmad Supriyono.

Terkait dengan tsunami yang diprediksi melanda kawasan Laut Selatan, pihaknya sudah mendapat bantuan early warning system (EWS) atau alat deteksi dini tsunami. ”Dari riset, Pantai Grajagan termasuk wilayah yang rawan bencana,” katanya.

Sebelumnya, isu tsunami juga sempat membuat heboh warga di pesisir Pantai Sine, Tulungagun­g. Pemicunya, setelah seorang nelayan setempat melihat fenomena air laut surut dan ikan-ikan laut naik ke pantai. Akibatnya, terjadi kepanikan masal. Warga panik dan mengungsi ke dataran tinggi.

Bupati Maryoto Birowo sebelumnya menginstru­ksi jajarannya untuk aktif memberikan sosialisas­i. Selain itu, pihaknya segera menyiapkan perangkat EWS.

Di Jember, pemkab setempat telahmengi­nventarisa­sidesa-desa yangberpot­ensiterken­atsunami. Sejumlah antisipasi mulai dilakukan.(kri/abi/rt/nda/c12/ris)

 ?? KRIDA HERBAYU/JAWA POS RADAR GENTENG ?? PERSIAPAN: Sejumlah nelayan memeriksa kapal sebelum melaut di Pantai Grajagan, Purwoharjo, kemarin. Meski kawasan mereka masuk wilayah rawan tsunami, mereka tetap tenang dan beraktivit­as seperti biasa.
KRIDA HERBAYU/JAWA POS RADAR GENTENG PERSIAPAN: Sejumlah nelayan memeriksa kapal sebelum melaut di Pantai Grajagan, Purwoharjo, kemarin. Meski kawasan mereka masuk wilayah rawan tsunami, mereka tetap tenang dan beraktivit­as seperti biasa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia