Jawa Pos

Mencegah dari Daerah

Libatkan Pejabat dan Tokoh Masyarakat

-

PRESIDEN Joko Widodo meminta seluruh kepala daerah di Indonesia lebih fokus dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19. Hal itu penting sebagai upaya untuk menekan peningkata­n kasus positif Covid-19 di wilayah masing-masing.

Menurut Jokowi, pemda perlu melakukan upaya pembatasan skala lokal dengan melibatkan desa, RT, RW, hingga kampung untuk menekan laju persebaran virus korona di masyarakat. Kebijakan tersebut tentu dilakukan berdasar data aktual tentang perkembang­an kasus yang terjadi.

Keputusan dalam merespons pertambaha­n kasus di provinsi, kabupaten, dan kota harus melihat data sebaran. ’’Terapkan strategi intervensi dan pembatasan berskala lokal, baik tingkat RT, RW, desa, maupun kampung, sehingga penanganan lebih detail dan bisa fokus,’’ kata Jokowi melalui akun YouTube sekretaria­t presiden.

Dia menekankan, perlu sebuah manajemen yang baik dalam penanganan wabah korona serta dampak yang ditimbulka­n. Pemda perlu mempelajar­i dengan cermat data-data yang ada sehingga tidak terburu-buru melakukan penutupan satu provinsi atau kabupaten.

Presiden menegaskan, pemerintah pusat saat ini terus melakukan berbagai upaya untuk menangani wabah virus korona di Indonesia. Kerja-kerja pemerintah itu perlu mendapatka­n dukungan penuh dari masyarakat maupun pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Perlu ada komunikasi dan koordinasi yang baik lintas pemda maupun dengan pemerintah pusat sehingga penanganan Covid-19 lebih efektif. Setiap daerah perlu treatment yang berbeda-beda.’’

JOKO WIDODO

 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWAPOS ?? KOORDINASI LINTAS PROVINSI: Tes swab di perbatasan JakartaBek­asi dilakukan secara acak kepada pengendara yang melintas.
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWAPOS KOORDINASI LINTAS PROVINSI: Tes swab di perbatasan JakartaBek­asi dilakukan secara acak kepada pengendara yang melintas.
 ?? BIRO PERS STPRES FOR JAWA POS ??
BIRO PERS STPRES FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia