Jawa Pos

Pemasangan Lampu GBT Beres, Tunggu Rumput Menebal

-

SURABAYA, Jawa Pos – Stadion Gelora Bung Tomo makin menawan. Bibit rumput kini selesai ditanam. Begitu pula pengerjaan utama lainnya seperti pemasangan lampu dan sound system.

Kepala Bidang Bangunan Gedung DPRKP CKTR Iman Krestian menyatakan, pengerjaan kini difokuskan pada interior dan eksterior gedung. Rumput terus dirawat agar tumbuh tebal dan memenuhi lapangan dua bulan lagi.

”Prosesnya sekitar tiga bulan itu harus disiram dua kali sehari,” kata Tuladan Mitro, staf bidang tata bangunan DPRKP CKTR yang terus memantau renovasi GBT.

Pemasangan lampu juga sudah dilakukan 100 persen. Selanjutny­a, pihaknya menguji intensitas cahaya telah memenuhi standar pertanding­an atau belum

Pemasangan lampu memang butuh beberapa waktu karena jumlahnya cukup banyak. Di atap tribun, lampu harus dilapis menjadi dua layer.

Bagian atap tribun masih sedikit berlubang. Bahan zincalum yang akan digunakan saat ini masih dalam pengadaan. Jika bahan itu sudah datang, pemasangan di sisi-sisi yang berlubang bakal dilakukan. ”Pemasangan kursi juga sudah hampir selesai,” ujarnya.

Pola warna-warni kursi pada tribun sudah terlihat. Nanti ada pola Gelora Bung Tomo di sisi VIP tersebut.

Mitro menjelaska­n, pihaknya juga sudah memulai merapikan setiap gate. ”Terutama di gate 1–2 dan 20–21,” terangnya.

Interior lantai 1 juga sudah selesai digarap, lengkap dengan lobi bak hotel dan jacuzzi baru. Pihaknya segera mengerjaka­n lantai 2 dan 3 secara paralel. Di lantai 3, pengunjung bisa menikmati pemandanga­n kota karena desain dinding kaca lebar di satu sisi.

Terkait peninjauan progres dari FIFA dan PSSI, Iman menyebut belum ada rencana kunjungan lagi. Namun, pihaknya diwajibkan mengirim laporan perkembang­an di lapangan. ”Laporannya harus diberikan setiap minggu ,” ungkapnya. Laporan informal tersebut berupa foto-foto pengerjaan di lapangan dari berbagai sisi.

Iman menuturkan, hasil tinjauan kemarin sesuai dengan ekspektasi. ”Secara umum, semua sudah oke. Sekarang penekanann­ya ke akses jalan,” jelasnya. Rencananya, GBT memiliki akses Jalan Jawar, akses dari TPA Benowo, dan JLLB.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? TERUS DIGARAP: Pekerja sedang mengebut pemasangan tempat duduk. Nanti warna tempat duduk di GBT berbeda-beda.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS TERUS DIGARAP: Pekerja sedang mengebut pemasangan tempat duduk. Nanti warna tempat duduk di GBT berbeda-beda.
 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? UNTUK EVENT INTERNASIO­NAL: Wajah baru GBT mulai terlihat. Progres renovasi tersebut tinggal 20 persen.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS UNTUK EVENT INTERNASIO­NAL: Wajah baru GBT mulai terlihat. Progres renovasi tersebut tinggal 20 persen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia