Jawa Pos

Minimalkan Kontak-Risiko dengan Drive-thru PCR

-

SURABAYA, Jawa Pos - Kampanye mengajak masyarakat untuk tidak takut berobat ke rumah sakit memang mulai digalakkan di Surabaya. Hal tersebut juga dilakukan Rumah Sakit Islam Surabaya (RSIS) Jemursari. Salah satu penerapan new normal di RS tersebut adalah menginisia­tori drive-thru PCR (polymerase chain reaction).

Layanan tersebut merupakan pengambila­n sampel uji usap yang dilakukan di dalam mobil. Artinya, pasien tidak harus keluar dari kendaraan roda empat karena ada petugas analis yang mendatangi pasien. ”Saya merasa lebih aman karena nggak perlu masuk ke rumah sakit dan tidak berlama-lama,” ujar M. Fathor Roziqy Nadarisman, salah seorang pasien yang memilih menjajal drive-thru PCR kemarin (15/10).

Pengambila­n sampel dari lubang hidung pun tidak sampai menghabisk­an waktu lima menit. Kepala Poliklinik Khusus Covid-19 RSIS Jemursari Dr dr Bastiana Bermawi SpPK menyatakan, layanan tersebut digagas demi memudahkan masyarakat yang membutuhka­n uji usap tanpa melalui antrean yang panjang dan lama. Selain daftar melalui website, hasil dari drive-thru PCR itu pun nantinya dikirimkan lewat e-mail setelah satu sampai dua hari pascates. ”Selain untuk percepatan pelayanan, untuk meminimalk­an kontak. Sehingga pasien itu tidak takut datang ke rumah sakit,” ujarnya.

Bastiana menambahka­n, sampel uji usap itu dilakukan di halaman samping Poliklinik Khusus Covid-19. Poli tersebut juga diperuntuk­kan sebagai tempat berobat bagi pasien suspect maupun pasien yang mengarah sebagai orang tanpa gejala (OTG).

Direktur RSIS Jemursari Prof Dr dr Rochmad Romdoni SpPD SpJP (K) menjelaska­n, poli tersebut memiliki tim medis khusus. Yang terdiri atas dokter umum, perawat, analis, dan dokter spesialis paru. Calon pasien yang suspect berdasar skrining di pintu masuk akan langsung diarahkan ke poli khusus. ”Ruang IGD, ICU, dan ruang operasi pun saat ini juga sudah dibedakan untuk pasien Covid dan non-Covid. Supaya yang negatif nggak takut-takut lagi datang ke rumah sakit. Apalagi, yang sangat butuh tindakan langsung dari dokter,” paparnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? TANPA KELUAR MOBIL: M. Fathor Roziqy Nadarisman menjalani tes PCR kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS TANPA KELUAR MOBIL: M. Fathor Roziqy Nadarisman menjalani tes PCR kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia