Jawa Pos

Layanan Dispenduk Buka pada Hari Libur

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono langsung menggelar sidak ke dinas kependuduk­an dan pencatatan sipil (dispendukc­apil) setelah menerima keluhan dari warga. Keluhan tersebut terkait dengan pendaftara­n online di dispendukc­apil. ”Karena itu, saya langsung ke sini untuk melihat langsung,” ujar Hudiyono.

Mulai dari antrean, proses pelayanan, hingga fasilitas protokol kesehatan tidak luput dari pengecekan. Hudiyono juga sempat mendengar kesan langsung dari warga yang mengurus administra­si kependuduk­an di sana.

Terkait dengan keluhan tersebut, Hudiyono meminta Kepala Dispendukc­apil Reddy Kusuma untuk memberikan penjelasan. Ternyata, penyebab padatnya pemohon karena layanan di mal pelayanan publik (MPP) ditutup sejak adanya pandemi.

Sebelumnya, MPP digunakan untuk tempat isolasi. Selain itu, jumlah petugas layanan di loket terbatas. Sebenarnya saat ini MPP sudah buka.

Namun, masih terbatas dari dinas penanaman modal perizinan terpadu satu pintu (DPMPTSP) saja. Dispendukc­apil dalam waktu dekat juga berencana membuka kembali layanan di MPP di Jalan Lingkar Timur. Saat ini diproses penyusunan antrean online-nya sebelum dibuka kembali.

Reddy menyebutka­n, sejak adanya pandemi Covid, layanan di MPP ditutup. Pelayanan jadi terfokus di kantor dispendukc­apil. ”Program jemput bola juga dihentikan karena resistan penularan Covid,” katanya.

Sebagai antisipasi kepadatan antrean, Hudiyono minta pelayanan dibuka pada Sabtu dan Minggu agar masyarakat bisa mengurus surat meski hari libur.

 ?? UZI/JAWA POS ?? LIHAT LANGSUNG: Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono saat menggelar sidak pelayanan di kantor dispendukc­apil kemarin.
UZI/JAWA POS LIHAT LANGSUNG: Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono saat menggelar sidak pelayanan di kantor dispendukc­apil kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia