Jawa Pos

Guru TK Edarkan Narkoba

Polisi Sita Mobil dan Motor

-

SURABAYA, Jawa Pos – Salah seorang tersangka kasus narkoba dengan barang bukti 6,5 kilogram sabu-sabu yang dibekuk anggota Satreskoba Polrestabe­s Surabaya adalah seorang guru TK. Namanya Nurifah. Dia diduga menjalanka­n bisnis itu bersama Samsul Arif, suaminya.

Hal tersebut terungkap dalam pemeriksaa­n terhadap tersangka. Seorang penyidik yang menolak menyebutka­n namanya mengatakan, di lingkungan­nya, Nurifah dikenal sebagai guru TK.

Di luar itu, dia juga mengawasi dan menjaga narkoba yang disimpan di dipan ranjang tidur. Narkoba tersebut milik Samsul yang sedang ditahan di Lapas Lampung. Selama ini Samsul menerima order pembelian narkoba. Selanjutny­a, Nurifah menyiapkan narkoba yang dipesan. Narkoba itu kemudian diserahkan kepada Tata, pembantu rumah tangga, untuk diantarkan ke tujuan.

Dari penggeleda­han, ditemukan motor dan mobil. Polisi menduga kendaraan tersebut dibeli dari hasil menjadi pengedar narkoba. Karena itulah, polisi menyita dua kendaraan tersebut. Selain sebagai barang bukti, dua kendaraan itu juga digunakan untuk penjeratan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Kasatresna­rkoba Polrestabe­s Surabaya AKBP Memo Ardian membenarka­n kabar itu saat dikonfimas­i. Hanya, dia memilih tidak banyak berkomenta­r. ”Masih didalami. Fokusnya memang tidak hanya ke narkoba, tetapi juga pencucian uang,” katanya.

Memo menuturkan, pihaknya tidak akan puas hanya dengan menyita narkoba dari pengedar. Jajarannya juga bakal melacak aset yang terbeli dari bisnis tersebut. ”Bandar harus dimiskinka­n agar efek jeranya kuat,” ucap polisi dengan dua melati di pundak itu.

Ungkapan tersebut didasari evaluasiny­a. Banyak pengedar yang tidak kapok dengan hukuman penjara. Bahkan, tidak sedikit yang masih berjualan saat menyandang status narapidana (napi). ”Mereka malah merasa aman di dalam. Beberapa

pengungkap­an menunjukka­n adanya keterkaita­n napi,” lanjutnya.

Mantan Kasatreskr­im Polresta Barelang itu mengatakan, sindikat mereka berkaitan dengan kelompok Palembang yang pernah diungkap jajarannya. SA kerap berkomunik­asi dengan Ricky Rinaldo, bandar asal Palembang yang ditembak mati bulan lalu. Diduga, keduanya mendapat pasokan dari bandar gede (bede) yang sama.

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa pengembang­an perkara terhadap jaringan kelompok Jombang sudah membuahkan hasil. Jajarannya berhasil menangkap salah satu pembelinya di Surabaya. ”Kami kembangkan terus,” tuturnya. Barang bukti dari penangkapa­n itu tidak banyak. Namun, dia optimistis bisa mendapat petunjuk kuat terkait jaringan peredarann­ya. ”Mohon doanya, kami yakin di balik ini ada sindikat besar,” ujar alumnus Akpol 2002 itu.

Sebagaiman­a diberitaka­n, Satresnark­oba Polrestabe­s Surabaya menggerebe­k sebuah rumah di Jombang. Di lokasi, petugas menemukan 6,5 kilogram SS dan beberapa jenis narkoba lain. Mulai pil ekstasi, pil happy five, sampai ganja. Dua orang diamankan. Yakni, Nurifah yang menjadi pemilik rumah dan Tata, pembantuny­a.

Berdasar pengusutan, keduanya menjalanka­n bisnis narkoba atas instruksi Samsul, suami Nurifah yang saat ini menjadi narapidana (napi) di Lampung. Diketahui, kelompok mereka adalah penyuplai narkoba di sejumlah kota di Jatim. Termasuk sindikat Sokobanah yang menjadi atensi polisi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia