Jawa Pos

Jatuh Cinta dengan Lolita Fashion

-

SURABAYA, Jawa Pos – Menekuni hobi cosplay selama bertahun-tahun membuat Agnes Olivia mengetahui banyak hal lain soal kultur di Jepang. Salah satunya lolita fashion. Memadukan dan memadankan baju khas lolita untuk menjadi style coordinate baru pun menjadi hobi Agnes sejak 2015.

Perempuan yang juga dosen fashion produk desain dan bisnis di Universita­s Ciputra itu menjelaska­n, fashion lolita dengan cosplay sebenarnya berbeda. ’’Kalau cosplay, lebih ke menjadi sebuah karakter yang sudah ada. Kalau lolita, kita murni bermain dengan style coordinate. Ibaratnya, kita mix and match bikin style sendiri,’’ jelasnya saat dihubungi kemarin (15/10).

Lolita fashion ternyata punya banyak era gaya. Mulai gaya Victorian, retro, hingga gotik. Agnes sendiri lebih menyukai style yang sweet dengan warna-warna soft. ’’Kayak gaya klasik, tapi tetap manis,’’ terangnya. Semakin ke sini, style baju lolita yang berbeda semakin bergaya khas Jepang. Alias tak hanya berfokus pada style klasik di zaman dulu.

Perempuan kelahiran 22 Juli itu melanjutka­n, saat dirinya berkumpul dengan gengnya yang juga penyuka lolita fashion, mereka kerap mengadakan tea party yang dilanjutka­n dengan photoshoot. ’’Inilah yang menyenangk­an saat terjun di hobi ini. Bisa bikin tema style tertentu bareng temen geng. Terus, kalau ada teman, pasti kita jadi lebih totalitas buat tampil maksimal,’’ paparnya.

Terlebih saat bisa membuat style coordinate baru dan berhasil memenangi lomba. Tidak hanya fokus dengan yang menjadi poin, tapi juga menyesuaik­an make-up dan sepatu.

Keseruan yang dirasakan Agnes ternyata tak sampai di situ. Dia juga menjadi kolektor baju lolita. Karena lolita fashion sudah punya brand-brand sendiri dan selalu ada koleksi terbatas, Agnes jadi ikut berburu koleksi tersebut. ’’Harganya mirip-mirip brand terkenal gitu. Ada yang mahal banget kalau sudah edisi terbatas, tapi ada juga yang masih terjangkau,’’ ungkapnya.

Menyukai subkultur Jepang ternyata punya manfaat tersendiri bagi perempuan kelahiran Jogja itu. Dia jadi semakin kreatif memadupada­nkan baju dan membuat kreasi busana. Terlebih, dia juga seorang dosen fashion dan fashion designer.

 ?? AGNES OLIVIA FOR JAWA POS ??
AGNES OLIVIA FOR JAWA POS
 ??  ?? STYLE COORDINATE: Agnes Olivia dalam balutan cosplay baju khas lolita. Dia menyukai gaya tersebut sejak 2015.
STYLE COORDINATE: Agnes Olivia dalam balutan cosplay baju khas lolita. Dia menyukai gaya tersebut sejak 2015.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia