Jawa Pos

Mitologi Bidadari Inspirasi Karya

-

SURABAYA, Jawa Pos – Peringatan Hari Batik yang jatuh tiap 2 Oktober menginspir­asi desainer Cahya Budi Saptono untuk berkarya. Dia mengkreasi­kan batik Pekalongan untuk sebuah gaun. Sementara itu, pola gaun terinspira­si dari tokoh mitologi bidadari kayangan. Jatuhnya, model gaun itu menyerupai sayap di kedua lengannya. Gaun tersebut didominasi warna biru dengan model terusan panjang. Bagian dada dibuat pola model dengan straps di bagian kedua bahu dan potongan V-neck. Begitu pula pada bagian punggungny­a.

Sementara itu, di bagian bahu juga ditambahka­n potongan kain panjang dengan arah ke belakang, menyerupai sayap. Model itu terinspira­si dari legenda 7 bidadari yang berasal dari Jawa Tengah.

”Seakan-akan ini adalah busana bidadari yang bersayap,” kata Cahya. Untuk bahan bagian atas, Cahya memilih brokat yang dilapisi sifon.

Tepat pada bagian atas perut sampai bawah disambungk­an kain batik dengan potongan mermaid ekor panjang. Kain yang dipilih adalah batik Pekalongan dengan motif bunga-bunga berwarna biru. Batik pesisiran utara itu dipilih karena inspirasi legenda 7 bidadari yang sama-sama berasal dari Jawa Tengah. ”Bunga-bunga pada motif tersebut juga menyimbolk­an keanggunan ” ujar Cahya.

Dia merancang gaun tersebut dalam rangka memperinga­ti Hari Batik pada 2 Oktober lalu. Menurut dia, motif dan makna batik Indonesia sangat beragam. Dia pun mencoba mengkreasi­kan kain batik secara rutin, bahkan saat pademi sekalipun. Sebab, dia ingin membuat kreasi batik yang beragam dari seluruh Indonesia. Terlebih dengan ciri khas elegan dan milenial.

”Jadi, berkeasi lewat model yang sekiranya disukai anak muda agar mereka lebih mencintai dan tertarik menggunaka­n batik,” jelas alumnus LPTB Susan Budiharjo itu.

Selain merancang busana, Cahya mempelajar­i pembuatan dan motif-motif batik. Misalnya, batik tulis, cap, dan celup. Menurut dia, itulah dedikasiny­a untuk mencintai batik Indonesia.

 ?? CAHYA BUDI SAPTONO FOR JAWA POS ?? BERSAYAP: Model mengenakan gaun karya Cahya Budi Saptono yang menggunaka­n batik Pekalongan.
CAHYA BUDI SAPTONO FOR JAWA POS BERSAYAP: Model mengenakan gaun karya Cahya Budi Saptono yang menggunaka­n batik Pekalongan.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia