Jawa Pos

Wadah Kreativita­s dan Ekspresi Anak Muda

Kemendikbu­d Umumkan Pemenang Lomba Blog-Vlog Pembelajar­an saat Pandemi

-

JAKARTA - Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d) mengumumka­n pemenang lomba blog dan vlog yang digelar dalam rangkaian seri webinar dengan tema Pembelajar­an di Masa Pandemi Covid-19. Sebanyak 1.332 karya yang dikirimkan peserta mulai 30 Agustus hingga 17 September 2020 dikurasi dan dinilai sehingga terpilih enam pemenang dari setiap kategori peserta.

Kepala Puspeka Hendarman mengatakan, lomba itu menjadi wadah penyaluran kreativita­s sekaligus wadah ekspresi bagi generasi milenial dan generasi Z lewat kompetisi menulis serta video. ’’Harapannya, semua tripusat pendidikan yang mengikuti kegiatan ini dapat menyalurka­n bakat dan menjawab kebutuhan kita akan peran serta seluruh elemen masyarakat untuk bersama membangun karakter profil Pancasila,’’ tutur Hendarman.

Para pemenang lomba blog kategori SMP (tiga besar) adalah Karang Jimbaran (DIY), Wafiyati Nida Imani (Jabar), dan Tiwi Mustika Dewi (Lampung). Kategori SMA Adelia

Margareta (Kaltim), Aldi Firmansyah (Jatim), dan M. Nur Ardi Handayat (Riau). Selanjutny­a, kategori pendidik adalah Wardi (Kaltara), Leni Lesnawati (Jabar), Popi Wahyuni (Sumut), dan Novianti Islahiah (Sumsel). Sedang kategori umum yaitu Illian Deta Arta Sari (DKI Jakarta), Laila Sari (Sumut), dan Melati Dwi Anda Syahputri (Lampung).

Sementara itu, pemenang lomba vlog kategori SMP adalah Naura Athaya Sharif (Jatim), Fifti Imro’atur Rosyidah (Jatim), dan Yusuf Maulana Aripin (Jabar). Kategori SMA yaitu Theosebeia

Natanael Elim (Kaltim), Ahmad Tanhar Amru (Sulsel), dan Larasati Puspita Sumantri (DKI Jakarta). Kategori pendidik yakni Surya Arif Kartono (Jatim), Fifti Imro’atur Rosyidah (Jatim), dan Yusuf Maulana Aripin (Jabar). Kategori umum adalah Novita Ardyanti (Jatim), Ahmad Rony Anwari Anggoro (Jatim), dan Mustaqim (DKI Jakarta).

Berikut sebagian naskah karya pemenang lomba blog untuk kategori SMP, SMA, pendidik, dan umum. Semoga isi blog tersebut dapat menginspir­asi pembaca untuk memperkuat pengembang­an karakter.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia