Jawa Pos

Mesin Kopi Rusak, Refund Tak Kunjung Beres

-

PADA 4 Juni 2020, saya membeli mesin espreso Ferrati Ferro FCM692 seharga Rp 825.248 melalui Tokopedia dengan invoice nomor: INV/20200604/XX/556660303. PT Indotara Persada selaku penjual menjanjika­n garansi selama enam bulan. Namun, saat barang tiba, ternyata di dalam kemasannya tidak ada kartu garansi.

Setelah penggunaan selama dua bulan, mesin tersebut mengalami kerusakan. Sama sekali tidak bisa jalan. Saya langsung menghubung­i PT Indotara Persada selaku pihak penjual. Pada saat itu, pihak Indotara meminta saya untuk mengirimka­n perangkat mesin tersebut ke kantor mereka yang berada di Tangerang. Akhirnya, mesin itu saya kirimkan pada 4 Agustus 2020 melalui kurir JNE.

Tetapi, setelah itu tidak ada respons lagi dari pihak Indotara selama lebih dari sebulan.

Karena itu, pada 23 september 2020, saya kembali menghubung­i PT Indotara melalu fitur pesan di Tokopedia. Barulah mereka merespons dan mengatakan bahwa mesin kopi yang saya beli tidak dapat diperbaiki. Mereka beralasan bahwa suku cadangnya tidak ada karena produk tersebut sudah discontinu­ed.

Kemudian, saya dihubungi pihak Indotara melalui WhatsApp. Mereka menawarkan produk mesin kopi yang kelasnya lebih dengan potongan harga senilai mesin saya yang rusak. Namun, prosesnya melalui refund terlebih dulu.

Tetapi, hingga surat keluhan ini ditulis, saya belum mendapat kepastian tentang refund yang mereka janjikan. Berkali-kali saya menghubung­i ulang pihak Indotara, mereka hanya mengatakan sedang diproses tanpa ada kepastian kapan refund bisa saya terima.

Sebagai konsumen, saya merasa sangat dirugikan dan kecewa dengan PT Indotara Persada. Semoga tidak ada lagi konsumen lainnya yang mengalami perlakuan seperti saya saat membeli produk mesin kopi Ferrati Ferro. Mohon penyelesai­an secepatnya.

RISA HARDANTO, Jl Kartini, Sidoarjo, 082245016x­xx

 ?? WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia