Jawa Pos

Perawatan Kubah Al Akbar Tuntas sebelum Akhir Tahun

-

SURABAYA, Jawa Pos − Tampilan kubah utama Masjid Nasional Al Akbar kini berbeda. Dilihat dari luar lebih kinclong dan mengilap.

Renovasi kubah Masjid Al Akbar dilakukan sejak Juli. Pengerjaan­nya tidak hanya di bagian luar, tetapi juga menyentuh bagian dalam. Renovasi ditargetka­n tuntas sebelum musim hujan tiba. ”Sekarang pengerjaan­nya sedang dikebut,’’ kata Humas Masjid Al Akbar Surabaya Helmy M. Noor kemarin siang (16/10).

Dia menuturkan, renovasi hanya dilakukan pada kubah utama. Progres untuk bagian luar saat ini hampir 70 persen. Sekilas, terlihat sudah rampung. Namun, masih terdapat beberapa pemasangan dinding kubah yang harus disempurna­kan

Helmy mengatakan bahwa pengerjaan yang terberat dan berisiko saat ini sudah selesai. Pengerjaan itu adalah pemasangan bagian dinding atas kubah. Dibutuhkan cukup banyak pekerja dan peralatan khusus.

Untuk area dalam, dilakukan pengecatan pada bagian dalam dinding kubah. Tujuannya, warna bagian dalam juga lebih indah. Prosesnya tidak mudah. Selain faktor ketinggian lokasi pengerjaan, pengecatan membutuhka­n keahlian khsusus. ’’Kalau kita lihat scafolding-nya saja sudah rumit,” terang Helmy.

Karena itu, untuk saat ini sebagian area dalam masjid tidak bisa digunakan untuk beribadah. Tujuannya meminimalk­an risiko yang terjadi.

Menurut Helmy, progres pengecatan interior kubah masjid sekarang masih 40 persen.

Meski begitu, saat waktu salat, semua aktivitas dihentikan. Secara keseluruha­n, pengerjaan ditargetka­n rampung sebelum akhir tahun nanti. Karena itu, saat musim hujan, kubah sudah rampung.

Renovasi kubah Masjid Al Akbar dilakukan secara berkala. Dari lima kubah, hanya bagian utama yang direnovasi saat ini. Hal tersebut menyesuaik­an anggaran yang ada.

Menurut Helmy, semua kubah sebenarnya sudah waktunya direnovasi. Mengingat, usia kubah sudah cukup tua. Yakni, sekitar 20 tahun.

Pengerjaan renovasi kubah menggunaka­n dana hibah Provinsi Jatim. Anggaranny­a mencapai Rp 10,9 miliar. Pengelola berharap setelah renovasi rampung, masjid tersebut mampu menarik banyak pengunjung atau jamaah. Apalagi, kawasan Masjid Al Akbar sudah dilengkapi beberapa fasilitas. Mulai Taman Asmaul Husna, kawasan urban farming, hingga green toilet.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia