Jawa Pos

Sulap Kombucha Jadi Permen

-

SURABAYA, Jawa Pos – Meningkatk­an imunitas tubuh tidak melulu hanya dengan mengonsums­i vitamin. Permen pun bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Misalnya, Kombucha Soft Candy yang diproduksi mahasiswa Universita­s Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS).

Permen tersebut merupakan inovasi produk mahasiswa UWKS pada program kreativita­s mahasiswa (PKM) dalam upaya mengikuti Seleksi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Soft Kombucha Candy dibuat Yuriska Nurhastuti, Naufal Farros Satria, Gledys Coornelia, serta Dhini Fadhilla Samjaya. Mereka adalah mahasiswa pendidikan dokter hewan semester VII, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UWKS.

Kombucha dipilih karena mampu menekan bakteri jahat, memperlanc­ar pencernaan, serta mengandung antioksida­n. Minuman dari Tiongkok itu juga mengandung senyawa organik untuk vitamin B kompleks, asam organik, serta bakteri baik yang mampu menekan bakteri jahat. Yuriska, salah seorang mahasiswa yang mengajukan proposal pembuatan Kombucha Soft Candy, mengatakan bahwa kandungank­andungan dalam kombucha itu mampu meningkatk­an kekebalan tubuh.

’’Pas banget dengan keadaan pandemi ini, di mana kita semua harus menjaga kesehatan,” ujarnya kemarin (16/10). Kombucha yang dikemas dalam bentuk permen dapat dikonsumsi oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Sehingga lebih praktis, namun tetap menyehatka­n.

Dalam prosesnya, teh kombucha dicampur dengan gelatin, air panas, glukosa, gula kastor, esens buah, dan pewarna makanan. Proses memasaknya tidak lama, hanya satu jam. Namun setelah adonan permen dicetak, butuh waktu hingga 24 jam sampai adonan permen mengering.

Saat ini, Yuriska dan teman-temannya sedang menyelesai­kan proposal. Kondisi perkuliaha­n secara daring dari rumah masing-masing membuat Yuriska dkk juga harus berdiskusi secara daring. Sementara itu, permen sudah selesai diproduksi dan dipasarkan secara daring.

 ?? SHABRINA PARAMACITR­A/JAWA POS ?? KREATIF: Permen hasil karya mahasiswa UWKS.
SHABRINA PARAMACITR­A/JAWA POS KREATIF: Permen hasil karya mahasiswa UWKS.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia