Jawa Pos

Takut Korona Baru, Siswa Tidak Datang Vaksin MR

-

SURABAYA, Jawa Pos – Puluhan siswa dari SDN Kalisari 1 mendapatka­n vaksin measles-rubella (MR) dan human papillomav­irus (HPV) kemarin (16/10). Pelaksanaa­n itu mendapat pengawasan ketat dari petugas Puskesmas Kalijudan dan sekolah. Mulai pengaturan masuk hingga tahap pemberian vaksin.

Pelajar yang mendapat vaksin tersebut terdiri atas tiga jenjang. Yakni kelas I, V, dan VI. Mereka mendapatka­n vaksin yang berbeda. Siswa kelas I mendapat suntikan MR. Sementara itu, kelas V dan VI HPV. Namun, itu khusus perempuan.

Pelaksanaa­n imunisasi tersebut disertai protokol ketat. Saat datang, petugas menyemprot­kan cairan disinfekta­n. Kemudian, para murid diminta mengantre di tempat yang disediakan. ”Kami batasi hanya 15 orang dulu,” terang guru kelas 1 SDN Kalisari 1 Masnuah.

Dia mengatakan, sebelumnya pihak sekolah telah memberikan pengumuman kepada orang tua siswa. Pelaksanaa­n dibagi di jam yang berbeda guna menghindar­i antrean menumpuk. ”Namun, ternyata ada yang tidak datang dengan berbagai alasan. Ada yang takut dan beralasan tidak bisa datang. Padahal, kami sudah yakinkan bahwa vaksinasi ini penting dan bukan terkait Covid-19 (korona baru),” terangnya.

Hingga pelaksanaa­n berakhir, belasan murid tidak datang. ”Berdasar informasi dari Puskesmas Kalijudan, mereka bisa menyusul, tetapi harus di puskesmas langsung. Kami tetap imbau agar siswa mendapatka­n vaksin wajib ini,” ujar Masnuah.

Sementara itu, juru imunisasi Puskesmas Kalijudan Rini Agustini mengatakan, prosedur vaksinasi saat pandemi ini memang cukup ketat. Sebelum pelaksanaa­n, orang tua harus mengisi formulir secara online dulu. Tentang riwayat kondisi anak.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? CEGAH KANKER: Aliya Zahra disuntik vaksin human papillomav­irus (HPV) oleh petugas Puskesmas Kalijudan di sekolahnya, SDN Kalisari 1, kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS CEGAH KANKER: Aliya Zahra disuntik vaksin human papillomav­irus (HPV) oleh petugas Puskesmas Kalijudan di sekolahnya, SDN Kalisari 1, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia