Jawa Pos

Bina dan Dampingi 56 Bank Sampah Unit

-

SURABAYA, Jawa Pos – Berdiri sejak 2017, kiprah Bank Sampah Samber (Sampah Berkah) Tegalsari semakin terlihat. Salah satunya adalah keberhasil­an bank sampah (BS) tersebut mendirikan 56 BS unit. Manajer Bank Samber Machmuda mengatakan, BS unit tersebut tersebar di berbagai kawasan di Surabaya. Yang paling anyar adalah dua BS di wilayah Keputran. ’’Keputran sebelumnya punya dua bank sampah unit. Jadi, sekarang di sana total ada empat,’’ ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (16/10).

Perempuan 51 tahun itu mengungkap­kan, pendirian BS unit baru merupakan permintaan pihak RT/RW. Terutama di kampung yang ditunjuk untuk mewakili ajang Surabaya Smart City (SSC), tapi belum punya BS. Banyak di antara mereka yang meminta tim Samber membantu mendirikan BS. ’’Karena salah satu syarat ikut SSC itu kan harus punya bank sampah yang bisa memilah sampah,’’ imbuhnya. Machmuda menuturkan, pihaknya selalu memberikan pengarahan sekaligus sosialisas­i sebelum membuka BS unit baru. Kader lingkungan dan warga di wilayah setempat diberi penjelasan terlebih dahulu mengenai tiga jenis sampah yang harus dipilah. ’’Sampah anorganik diolah di bank sampah. Sampah organik dijadikan kompos. Lalu, satu lagi adalah jenis sampah B3,’’ terangnya. Selain itu, para calon anggota BS unit diajari untuk menimbang sampah yang sudah dipilah. Juga, ilmu tata kelola administra­si BS hingga cara mencari pemasukan untuk para anggota.

 ?? MACHMUDA FOR JAWA POS ?? UNIT BARU: Anggota Bank Sampah Samber mendamping­i proses penimbanga­n sampah di RT 5, RW 2, Kelurahan Keputran, Tagalsari.
MACHMUDA FOR JAWA POS UNIT BARU: Anggota Bank Sampah Samber mendamping­i proses penimbanga­n sampah di RT 5, RW 2, Kelurahan Keputran, Tagalsari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia