Jawa Pos

Tiap Jumat Rutin Gelar Program Bersih-Bersih

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Pemkab Sidoarjo sudah dua minggu ini mengadakan program Jumat berkah. Program inisiatif Penjabat (Pj) Bupati Hudiyono tersebut merupakan aksi langsung merespons keluhan masyarakat. Pada Jumat sebelumnya, Hudiyono membersihk­an langsung dan mengevalua­si Taman Abhirama dan taman di sepanjang Jalan Pahlawan.

Kemarin (16/10) giliran selokan di sepanjang Jalan Sunandar Priyo Sudarmo. Tepatnya di depan kantor PC NU Sidoarjo. Selokan dibersihka­n. Berm trotoar juga dicat hitam dan putih.

Dinas lingkungan hidup dan kebersihan (DLHK), forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), serta para Kades dilibatkan. ”Setiap Jumat, kami melakukan bersih-bersih dan menebang pohon sebagai antisipasi akan memasuki musim hujan,” ujar Hudiyono.

Dia juga mengecek saluran air yang melewati gang masuk rumah-rumah warga di

Kampung Praban. Mengingat, setiap tahun kampung tersebut langganan banjir.

Salah seorang warga Praban, Muryati, mengakui bahwa memang gang di rumahnya kerap banjir. Muryati telah menyampaik­an keluhan tersebut kepada Hudiyono.

Hudiyono pun merespons keluhan tersebut. Saluran di sana memang bermasalah. Tinggi aliran sisi utara dan selatan berbeda sehingga air tidak mengalir. ”Nanti solusinya adalah camat dan lurah bakal sering mengajak warganya bersih-bersih,” tuturnya.

Hudiyono juga menyaranka­n setiap individu setidaknya membersihk­an lingkungan di sekitar rumahnya. Taman, parit, dan bagian depan rumahnya harus bersih dari sampah. Berdasar pengamatan­nya, warga di sana belum rutin bekerja bakti. Terbukti, masih ada tumpukan sampah.

”Kami upayakan camat dan lurah sering memberikan sosialisas­i kepada warganya, terutama untuk kesiapan antisipasi banjir. Saya kira, kalau setiap warga gotong royong, banjir ini bisa selesai,” tandas Hudiyono.

 ?? VAFIRMA ZUHDI ALFAUZI/JAWA POS ?? PEDULI LINGKUNGAN: Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono saat turun langsung di program Jumat berkah kemarin.
VAFIRMA ZUHDI ALFAUZI/JAWA POS PEDULI LINGKUNGAN: Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono saat turun langsung di program Jumat berkah kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia