Jawa Pos

Banyak Siswa yang Masih Terkendala Daring

Guru Beri Pembelajar­an lewat Siaran Radio

-

KABUPATEN MOJOKERTO, Jawa Pos – Pembelajar­an jarak jauh (PJJ) melalui sistem dalam jaringan (daring) belum sepenuhnya menjangkau peserta didik di Kabupaten Mojokerto. Masih ada ribuan siswa yang tidak bisa mengakses internet. Karena itu, pembelajar­an melalui radio dilakukan agar akses terhadap proses belajar-mengajar menjadi lebih merata.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Mojokerto Mujiati mengatakan, tidak semua dari 97.975 peserta didik di jenjang SD dan SMP se-Kabupaten Mojokerto mendapatka­n akses yang sama dalam pembelajar­an daring. Setidaknya ada 10–15 persen siswa yang belum bisa mengikuti pembelajar­an online dengan optimal. ”Karena hanya 85 sampai 90 persen yang aktif daring,” ujarnya kemarin (16/10).

Menurut Mujiati, ada berbagai faktor penyebab siswa belum dapat aktif mengikuti pembelajar­an daring. Terutama terkendala fasilitas berupa gawai atau perangkat smartphone. Akibatnya, peserta didik tidak bisa menjangkau materi yang diberikan guru secara online. ”Karena memang ada yang HP-nya bergantian dengan orang tua, saudara, atau juga tidak memiliki HP,” ulasnya.

Mujiati menyatakan, sejak PJJ diberlakuk­an, dispendik sebenarnya telah menerapkan pembelajar­an luar jaringan (luring). Yaitu, guru melakukan home visit atau kunjungan ke rumah siswa yang mengalami kendala daring. Baik yang dilakukan secara door-to-door maupun belajar berkelompo­k.

Akan tetapi, terbatasny­a jumlah pendidik menjadikan kegiatan kunjungan tersebut kurang optimal. ”Kasihan kalau guru terus berkunjung ke rumah siswa yang jaraknya terlalu jauh,” bebernya.

Untuk memaksimal­kan PJJ tersebut, dispendik saat ini mulai menggulirk­an pembelajar­an luring melalui siaran radio. Pembelajar­an secara on air baru dijalankan awal pekan lalu melalui saluran radio milik Pemkab Mojokerto. Mujiati menyatakan, metode pembelajar­an lewat radio bertujuan menjangkau siswa yang terkendala mengikuti pembelajar­an online.

Jadwal mengudara dilakukan setiap sore hari dengan rentang waktu dua jam. Sementara materi pembelajar­an diisi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Mojokerto. Masing-masing terbagi untuk jenjang SMP tiap hari Senin– Kamis. Sedangkan jenjang SD dijadwalka­n Jumat dan Sabtu.

 ?? JAWA POS RADAR MOJOKERTO ?? MENGUDARA: Guru memberikan materi pembelajar­an luring jenjang SMP melalui siaran radio kemarin.
JAWA POS RADAR MOJOKERTO MENGUDARA: Guru memberikan materi pembelajar­an luring jenjang SMP melalui siaran radio kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia