Jawa Pos

Pilih Pemandanga­n Sudut-Sudut Kota

-

SURABAYA, Jawa Pos - Sejumlah lukisan di kanvas terlihat di galeri milik seniman Wahyu Sigit Priyo Utomo di Sukodono, Sidoarjo. Sebagian besar lukisan-lukisan itu berupa pemandanga­n atau lanskap. Dia mengaku banyak terinspira­si dari pemandanga­n di sudut-sudut kota. ”Itu yang terbaru dengan tema tradisi,” kata Wahyu. Dia sambil menunjukka­n lukisan dengan rupa Pasar Pabean di Surabaya yang dilukis dengan aliran impresioni­sme.

Lukisan tersebut menampilka­n rupa aktivitas di pasar yang terletak di Surabaya Utara itu. Dengan rupa sejumlah pedagang dan pembeli yang berlalu-lalang di sekitar sudut Pasar Pabean. Lengkap dengan berbagai transporta­si yang mendukung aktivitas jual beli di sana. Di antaranya, truk, becak, dan sepeda. Menurut Wahyu, lukisan tersebut menyampaik­an pesan tentang menghargai sebuah tradisi.

”Misalnya, pasar tradisiona­l seperti Pasar Pabean ini, yang mungkin sekarang sangat bersaing dengan pasar modern, tapi tetap harus dilestarik­an,” papar bapak dua anak itu.

Ada juga lukisan dengan rupa sebuah perahu yang terparkir di perairan BalPngdowo, Sidoarjo, atau yang dikenal dengan Kampung Kupang. Dia melukis beberapa tema sejenis dengan cat air. Baik dengan rupa perahu-perahu yang terlihat maupun aktivitas para nelayan di sana. Bagi dia, itu merupakan suatu aktivitas yang memiliki banyak nilai, baik dari segi budaya, sosial, maupun ekonomi.

”Terlebih di situ juga ada tradisi nyadran tiap tahun. Ini kearifan lokal yang harus dijaga,” imbuhnya.

Wahyu menjelaska­n bahwa melukis sudutsudut kota membuatnya mempelajar­i berbagai hal baru. Baik secara teknis maupun tradisi. Karena itu, dia lebih banyak terinspira­si dari suasana kota tua atau heritage. Dengan menyampaik­an pesan untuk menghargai warisan budaya dan kearifan lokal. Namun, sesekali dia juga melukis dengan aliran abstrak. Misalnya, lukisan berjudul Dinamika yang menyimbolk­an sebuah kekuatan, keberanian, dan semangat. Rencananya, lukisan-lukisan itu juga dipamerkan dalam waktu dekat.

 ?? WAHYU SIGIT PRIYO UTOMO FOR JAWA POS ?? IMPRESIONI­SME: Wahyu melukis perahu yang terparkir di perairan Bal_ngdowo, Sidoarjo. Di sana juga dikenal dengan sebutan Kampung Kupang.
WAHYU SIGIT PRIYO UTOMO FOR JAWA POS IMPRESIONI­SME: Wahyu melukis perahu yang terparkir di perairan Bal_ngdowo, Sidoarjo. Di sana juga dikenal dengan sebutan Kampung Kupang.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia