Jawa Pos

Jepang Beri Pinjaman Fiskal Rp 6,932 Triliun

-

BOGOR, Jawa Pos – Pundi-pundi keuangan negara untuk menangani dampak wabah Covid-19 kembali terisi. Sebab, Jepang berkomitme­n akan memberikan pinjaman bantuan fiskal 50 miliar yen atau sekitar Rp 6,932 triliun.

Komitmen pemberian pinjaman bantuan fiskal itu disampaika­n langsung oleh Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga setelah pertemuan resmi dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresiden­an Bogor kemarin (20/10).

’’Hasil konkret pertama adalah mempertimb­angkan dampak Covid-19 terhadap perekonomi­an Indonesia, menetapkan pinjaman bantuan fiskal 50 miliar yen,’’ kata Suga. Ini adalah kunjungan pertama Suga ke Indonesia setelah terpilih menggantik­an Shinzo Abe pada September lalu.

Dia menjelaska­n, anggaran itu dialokasik­an untuk peningkata­n kapasitas penanggula­ngan bencana di Indonesia. Selain

itu, Indonesia dan Jepang menjalin kerja sama pengkajian kesehatan melalui pemberian peralatan medis.

Dalam kesempatan tersebut, Suga juga menyampaik­an komitmen kerja sama infrastruk­tur. ’’Seperti pembanguna­n MRT, kereta semicepat Jakarta–Surabaya, Pelabuhan Patimban, pembanguna­n pulau-pulau terluar, serta ketahanan ekonomi,’’ jelasnya. Selain itu, ada kerja sama keamanan dan pertahanan. Termasuk program penguatan SDM dalam penegakan hukum di laut.

Presiden Jokowi menyatakan menghargai kunjungan Suga. Apalagi, kunjungan tersebut dilakukan saat wabah Covid-19 masih melanda Indonesia. ’’Saya meyakini keputusan berkunjung ke luar negeri, khususnya ke Indonesia, pada masa pandemi ini tidak mudah,’’ tuturnya.

Jokowi menyebut kunjungan tersebut sebagai simbol komitmen kuat dari persahabat­an kedua negara.

 ?? ANTARA FOTO/HO/SETPRES-LAILY RACHEV ?? BILATERAL: Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menerima kunjungan PM Jepang Yoshihide Suga (kedua kiri) bersama Madam Suga Mariko di Istana Bogor, Jabar, kemarin.
ANTARA FOTO/HO/SETPRES-LAILY RACHEV BILATERAL: Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menerima kunjungan PM Jepang Yoshihide Suga (kedua kiri) bersama Madam Suga Mariko di Istana Bogor, Jabar, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia