Jawa Pos

Sudutkan Luhut dengan Isu Tentara Tiongkok

-

LUHUT Binsar Pandjaitan menjadi salah satu menteri yang beberapa kali diserang kabar palsu. Hoax tentang dirinya hampir selalu bisa ditebak, yakni tentang tentara dari Tiongkok. Seperti yang beberapa hari terakhir beredar, Menko kemaritima­n dan investasi (marves) itu disebut berharap tentara Tiongkok masuk lagi ke Indonesia jika persebaran virus korona mereda.

”Corona mereda, Luhut mau Tentara Cina Segera Masuk lagi Ke Indonesia.” Begitu kabar yang disebar dengan kemasan seolah-olah berasal dari portal berita CNN Headline News. Salah satu yang mengunggah capture tersebut adalah akun Facebook Bilal Bin Robbah pada 18 Oktober 2020 (bit.do/TentaraTio­ngkok).

Namun, kalau diperhatik­an lebih detail, informasi yang dilengkapi foto tentara Tiongkok itu juga mencantumk­an narasi yang menggelika­n. Katanya, alasan Luhut mendatangk­an tentara Tiongkok itu adalah agar mereka bisa mencari istri orang Indonesia.

Saat ditelusuri, CNN Headline News tidak pernah mengunggah berita seperti itu, baik pada tanggal yang tercantum, sebelum, ataupun sesudahnya. Dengan kata lain, capture halaman portal berita tersebut telah direkayasa.

Versi asli berita itu ditulis portal berita tirto. id. Judul aslinya berbunyi, Corona Mereda, Luhut Mau TKA Cina Segera Masuk Lagi ke Indonesia. Ulasan yang terbit pada 21 Februari 2020 itu memaparkan pandangan Luhut soal TKA Tiongkok dan Covid-19. Tidak ada redaksiona­l tentang tentara Tiongkok.

Menurut Luhut, terhambatn­ya arus balik TKA Tiongkok di Indonesia yang pulang saat Imlek memberi dampak negatif ke perekonomi­an. Selain itu, selama TKA asal Tiongkok sudah melalui masa karantina dua minggu, seharusnya mereka diperboleh­kan kembali ke Indonesia.

”Karena itu sedang kita exercise sekarang ini, apakah nanti pegawai-pegawai Tiongkok yang level manajer yang bisa datang, masih dibolehkan datang ke Indonesia setelah mereka dikarantin­a dua minggu di Tiongkok,” jelasnya di Ritz-Carlton. Selengkapn­ya Anda dapat membacanya di bit.do/RekayasaJu­dul.

Sementara itu, foto tentara Tiongkok dalam unggahan tersebut juga tidak berkaitan dengan narasi yang beredar. Hasil penelusura­n menggunaka­n situs padanan gambar mengarahka­n Jawa Pos pada situs penyedia foto gettyimage­s.com. foto tersebut diabadikan fotografer AFP Vyacheslav Oseledko/Stringer pada September 2016.

Keterangan foto itu berkaitan dengan latihan militer gabungan Misi Perdamaian-2016 dari Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO). Latgab itu melibatkan 1.100 tentara dari beberapa negara di area pelatihan Edelweiss diBalykchy,sekitar200­km dari Bishkek, ibu kota Kirgistan. Anda dapat melihatnya di bit.do/FotoLatgab­2016.

 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia