Jawa Pos

Bosan Hanya Latihan dan Latihan

Aji Pesimistis Lanjutan Kompetisi Dimulai November

-

SURABAYA, Jawa Pos – Persebaya Surabaya masih berlatih. Padahal, mayoritas tim Liga 1 sudah meliburkan skuadnya. Namun, latihan tim berjuluk Green Force itu bisa diakhiri pekan ini.

’’Kami sudah melakukan komunikasi dengan manajer. Kami putuskan untuk melakukan latihan sampai hari Jumat,’’ kata Aji Santoso, pelatih Persebaya.

Artinya, Jumat nanti (23/10) bisa jadi latihan terakhir sebelum skuad diliburkan. Namun, keputusan itu belum final. ’’Sambil kami tunggu perkembang­an dari federasi satu dua hari ke depan’’ tambahnya.

Hanya, pelatih 50 tahun itu pesimistis kompetisi bisa berlanjut pada 1 November nanti. Ada beberapa indikasi yang membuatnya ragu. Pertama, kebanyakan tim Liga 1 meliburkan latihan. Kedua, PSM Makassar sudah meninggalk­an Jogjakarta. ’’Makanya, menurut saya, cukup berat kalau (kompetisi) bisa berjalan November,’’ ucap Aji.

Kondisi itu membuat pemain Green Force bingung. Winger Mahmoud Eid, misalnya. Tahun ini adalah musim perdana pemain berpaspor Palestina itu bermain di Liga 1. Namun, dia dibuat bingung dengan kepastian kompetisi yang belum jelas. Mantan pemain Kalmar FF itu pun berharap segera ada kejelasan dari federasi.

’’Sebaiknya mereka (federasi) segera menentukan tanggal pastinya sehingga tim bisa bersiap. Karena sekarang kami hanya latihan dan tidak tahu kapan (kompetisi) dimulai,’’ tutur pemain 27 tahun tersebut.

Karena itu, Mahmoud merasa kondisi saat ini sangat merugikan bagi pemain. ’’Sangat membosanka­n. Karena kami hanya latihan dan latihan. Menunggu dan menunggu. Padahal, kami bersiap sejak lama,’’ imbuhnya.

Beruntung, tim pelatih punya siasat agar pemain tidak bosan. Beberapa kali Aji memberi materi latihan yang menyenangk­an. Mahmoud merasakan betul manfaat latihan yang tidak banyak tekanan tersebut. ’’Saya pikir program latihan cukup bagus. Pelatih tahu kapan harus serius, kapan harus santai.Merekatahu­situasi(pemain) dan meng-handle dengan sangat baik,’’ jelas Mahmoud.

Pola latihan itu terbukti membuat pemain cukup enjoy. ’’Anak-anak gairahnya sangat bagus meski tahu kompetisi belum jelas,’’ terang Aji. Meski merasa enjoy saat latihan, Mahmoud tetap saja berharap kompetisi segera dimulai. Sebab, dia sudah gatal untuk turun ke lapangan. ’’Saya harap liga dimulai. Kami sudah menunggu terlalu lama. Saya ingin bermain. Dan saya yakin semua pemain merasakan hal yang sama,’’ pungkas Mahmoud.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? JENUH: Mahmoud Eid dan Aryn Williams bingung dengan ketidakpas­tian Liga 1 musim 2020.
ANGGER BONDAN/JAWA POS JENUH: Mahmoud Eid dan Aryn Williams bingung dengan ketidakpas­tian Liga 1 musim 2020.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia