Jawa Pos

NBA Sukses Pangkas Kerugian

-

NEW YORK, Jawa Pos – Keputusan NBA melanjutka­n musim 2019– 2020 di Disney World, Orlando, sangat tepat. Sebab, pemindahan itu berdampak pada kondisi finansial. Mereka berhasil menyelamat­kan liga secara finansial.

Sports Business Daily melaporkan, NBA berhasil memangkas potensi kerugian senilai USD 1,5 miliar (Rp 22,06 triliun) setelah memutuskan untuk melanjutka­n kompetisi musim ini. Sebagian besar celah kerugian tersebut terkait pemasukan dari TV lokal dan nasional. Lalu, sponsor liga.

Total, NBA menghabisk­an dana USD 180 juta (Rp 2,6 triliun) selama pemusatan kompetisi di Orlando. Tetapi, itu menjadi keputusan penting pascapande­mi Covid-19. Apalagi, di awal pandemi, kompetisi ditangguhk­an selama tiga bulan. Belum lagi kontrovers­i NBA di Tiongkok, yang turut memberikan dampak secara finansial bagi liga.

Wakil Presiden Eksekutif NBA Kelly Flatow mengungkap­kan, prioritas utama timnya adalah kesehatan dan keselamata­n semua pihak yang terlibat di Orlando. Misi tersebut berjalan sukses. Dengan pembatasan akses, NBA mencatatka­n hasil tes nihil positif Covid-19 selama lanjutkan kompetisi sampai babak grand final yang dimenangi LA Lakers. ’’Semua orang yang terlibat mengikuti setiap rencana yang kami susun bersama,” terang Flatow. ”Secara bisnis, penting bagi kami untuk menyelesai­kan musim 2019–2020, menobatkan juara dan mengikutse­rtakan mitra bisnis dan media kami, serta merencanak­an kembalinya para fans ke tepi lapangan,” lanjutnya.

Sebagian besar kontrak sponsor tim peserta dan NBA bisa dipenuhi dengan penambahan iklan virtual dan aktivasi lainnya. Tercatat, 60 ribu penonton virtual ditampilka­n selama 172 pertanding­an yang berlangsun­g di Disney World.

Namun, NBA belum bisa memastikan secara spesifik celah mana saja yang bisa mengurangi pendapatan pascapande­mi Covid-19. Mereka masih menantikan audit dari 30 tim peserta yang bakal rampung dalam beberapa pekan ke depan.

Sebagai kompensasi atas musim sulit selama pandemi Covid-19, NBA dan asosiasi pemain sedang melakukan negosiasi rencana pembatasan gaji untuk musim depan. ’’Menurutku, kami akan menyelesai­kan (negosiasi) tersebut seperti biasanya,” ucap Komisioner NBA Adam Silver dilansir NBC Sports.

 ?? FERNANDO MEDINA/AFP PHOTO ?? SENTRALISA­SI: Suasana sebelum laga final kelima NBA di AdventHeal­th Arena, Orlando, Florida, pada 11 Oktober lalu.
FERNANDO MEDINA/AFP PHOTO SENTRALISA­SI: Suasana sebelum laga final kelima NBA di AdventHeal­th Arena, Orlando, Florida, pada 11 Oktober lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia