Jawa Pos

Waspadai Ruangan Tertutup

-

PAKAR kesehatan masyarakat Prof Ascobat memaparkan aktivitas-aktivitas yang berpotensi untuk terjadinya klaster perkantora­n. Manajemen kantor diminta untuk benar-benar memperhati­kan tempat berkumpul massa agar mematuhi protokol jaga jarak (physical distancing).

’’Banyak hal baru yang bermuncula­n dari Covid ini, yaitu mencari bentukbent­uk baru tempat berkumpul, seperti di perkantora­n, ruang meeting, ruang makan, dan itu potensial menjadi lokasi penularan yang masif. Untuk mencegah hadirnya klaster perkantora­n itu, protokol kesehatan perlu digalakkan,’’ ujar Ascobat.

Dia menjelaska­n langkah-langkah menerapkan protokol kesehatan di dalam ruang kantor. Di antaranya, memperhati­kan jumlah orang dengan menyesuaik­an ukuran ruangan, mematikan pendingin ruangan, menjaga sirkulasi ruangan, serta tidak berlama-lama berada di ruangan. ”Maka, disarankan sebaiknya kalau berkantor tidak terlalu lama di dalam satu ruangan yang tertutup,” imbuhnya.

Karena itu, Ascobat juga menyaranka­n agar manajemen kantor mewaspadai berkumpuln­ya banyak karyawan dalam satu ruang rapat. Bagi perkantora­n yang telah menjadi klaster persebaran Covid-19, dia membatasi kantor tersebut hanya bisa dibuka kembali setelah prosedur kesehatan yang ketat dijalankan.

’’Kalau sudah ada yang kena, wajib tutup sementara sampai situasinya bisa dikendalik­an. Setelah semuanya bersih dan sudah dilakukan tracing, kemudian hasilnya karyawan-karyawan negatif, baru boleh buka. Tapi kalau positif, suruh isolasi mandiri. Maka, baru bisa berkantor lagi, ” sebutnya.

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? TERPUSAT: Lampu-lampu kamar di Wisma Atlet tampak hampir semuanya menyala di malam hari. Banyak karyawan perkantora­n yang dibawa ke tempat ini setelah dinyatakan positif Covid-19.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS TERPUSAT: Lampu-lampu kamar di Wisma Atlet tampak hampir semuanya menyala di malam hari. Banyak karyawan perkantora­n yang dibawa ke tempat ini setelah dinyatakan positif Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia