Jawa Pos

Layani Wilayah Barat, Tambah Delapan Suroboyo Bus

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pelayanan Suroboyo Bus bakal semakin prima. Sebab, pemkot berencana menambah rute pelayanan transporta­si publik tersebut. Tahun depan bus merah itu ditargetka­n mampu menjangkau seluruh kawasan metropolis.

Perluasan rute pelayanan Suroboyo Bus sudah dirancang pemkot lewat penambahan armada. Total, ada tambahan delapan unit kendaraan.

Kepala Dinas Perhubunga­n (Dishub) Irvan Wahyudraja­d mengungkap­kan, Suroboyo Bus sudah dua tahun beroperasi

J

Angkutan masal itu memberikan pelayanan yang nyaman dan murah kepada warga. Cukup membayar dengan botol plastik, warga bisa bepergian ke sejumlah tempat.

Di dalam bus, dishub memasang 12 CCTV. Kamera pengintai tersebut berfungsi mengamati penumpang dan memberikan rasa aman bagi warga. Faktor kenyamanan juga menjadi perhatian. Tempat duduk dibedakan. Kursi berwarna pink diperuntuk­kan penumpang perempuan. Kursi berwarna jingga bisa diduduki penumpang pria.

Seiring dengan berjalanny­a waktu, kualitas pelayanan Suroboyo Bus terus ditingkatk­an. Pemkot berupaya memberikan pelayanan yang prima.

Irvan menyebutka­n, ada tambahan delapan unit armada. Bus itu sudah didatangka­n. Namun, pengoperas­ian dan rute masih dirapatkan. ”Pastinya tahun depan dijalankan,” terangnya.

Yang pasti, kata Irvan, ada satu rute yang menjadi perhatian. Yaitu, akses menuju Gelora Bung Tomo (GBT). Sebab, belum ada Suroboyo Bus yang melayani tujuan tersebut.

Selain itu, tahun depan pemkot punya gawe besar. Surabaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. ”Nanti ada Suroboyo Bus yang melayani rute ke GBT,” paparnya.

Dengan pembelian delapan armada tersebut, jumlah Suroboyo Bus bertambah. Dari 20 unit menjadi 28 unit bus.

Kepala UPTD Pengelolaa­n Transporta­si Umum (PTU) Dishub

Frankie Yuanus menyatakan, penambahan armada Suroboyo Bus sangat dibutuhkan. Sebab, ada rute yang belum tersentuh pelayanan. Sejak beroperasi pada 2018, bus sepanjang 12 meter itu melayani tiga rute. Yakni, selatan menuju ke utara (Terminal Purabaya–Rajawali), barat–timur (Unesa–ITS), serta lintas MERR (Kenjeran Park–Gunung Anyar). Kawasan GBT belum dijangkau. ”Harapannya bisa menjadi alternatif moda transporta­si warga yang hendak ke GBT,” tuturnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? TRANSPORTA­SI MASAL: Suroboyo Bus melintas di jalan. Tahun ini di kawasan barat armada bus akan ditambah sehingga bisa menjangkau sampai GBT.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS TRANSPORTA­SI MASAL: Suroboyo Bus melintas di jalan. Tahun ini di kawasan barat armada bus akan ditambah sehingga bisa menjangkau sampai GBT.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia