Jawa Pos

Akhirnya, Bawaslu Gresik Tertibkan APK di Angkot

Hari Ini KPU Umumkan 15.869 Anggota KPPS

-

GRESIK, Jawa Pos – Setelah mendapat sorotan, kemarin (20/10) Bawaslu Gresik akhirnya menertibka­n pelanggara­n alat peraga kampanye (APK). Termasuk stiker yang menempel di kaca belakang sejumlah angkutan kota (angkot) bergambar pasangan calon (paslon). Penertiban itu dilakukan bersama aparat gabungan.

Menurut Syafi’ Jamhari, anggota Bawaslu Gresik Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlemba­ga, penertiban itu dilaksanak­an setelah pihaknya berkoordin­asi dengan sentra penegakan hukum terpadu (gakkumdu) yang terdiri atas kepolisian, kejaksaan, dan satpol PP serta melibatkan tim kampanye paslon masing-masing.

’’Setidaknya, ada 26 angkutan umum yang terpasang APK dan bahan kampanye. Kami copot karena tidak sesuai aturan yang berlaku,’’ ungkap Jamhari.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya menertibka­n puluhan APK berbentuk poster dan baliho di kawasan GKB. ’’Hasil koordinasi, APK yang memuat gambar bukan pengurus parpol juga melanggar ketentuan. Termasuk billboard milik pemkab bergambar para paslon. Penertiban akan dilakukan secara bertahap,’’ paparnya.

Dia menambahka­n, pihaknya juga berpesan kepada tim kampanye paslon masing-masing untuk melaporkan pendirian posko pemenangan. Caranya, menyampaik­an surat pemberitah­uan ke Bawaslu dengan tembusan kepada Polres dan KPU Gresik.

Sebelumnya, keberadaan stiker bergambar paslon di banyak angkot itu belum tersentuh penertiban. Padahal, sejak penetapan resmi dua paslon yang akan berkontest­asi di pilkada Gresik pada 23 September lalu, sudah banyak APK yang dibongkar dan dicopot petugas. Namun, khusus stiker tersebut terbilang

’’sakti’’. Padahal, itu jelas merupakan pelanggara­n PKPU 11/2020 maupun peraturan menteri perhubunga­n.

Sementara itu, KPU Gresik terus mempersiap­kan tahapan pilkada yang tinggal hitungan pekan. Tepatnya, pada 9 Desember mendatang. Setelah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT), KPU melaksanak­an seleksi pembentuka­n kelompok penyelengg­ara pemungutan suara (KPPS). Hari ini (21/10) rencananya hasil seleksi itu diumumkan.

’’Pengumuman akan disampaika­n PPS (panitia pemungutan suara) di setiap desa. Dalam kesempatan tersebut, masyarakat boleh menyampaik­an tanggapan terhadap calon anggota KPPS terkait transparan­si dan netralitas,’’ ungkap Makmun, komisioner KPU Gresik Divisi Sosialisas­i dan SDM. Menurut Makmun, antusiasme masyarakat Gresik terbilang cukup tinggi dalam menyambut pilkada. Terbukti, Gresik menjadi 1 di antara 3 daerah di Jawa Timur yang kuota calon anggota KPPS sudah terpenuhi. ’’Ada 16.526 orang yang mendaftar. Dari jumlah itu, kami membutuhka­n 15.869 petugas KPPS. Mereka nanti disebar di 2.267 TPS dengan tiap-tiap TPS ada tujuh anggota KPPS,’’ paparnya.

 ?? LUDRY PRAYOGA/JAWA POS ??
LUDRY PRAYOGA/JAWA POS
 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? AMAN: Harga beberapa komoditas sembako di Pasar Baru Gresik terpantau masih stabil.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS AMAN: Harga beberapa komoditas sembako di Pasar Baru Gresik terpantau masih stabil.
 ??  ?? BERGERAK: Petugas gabungan melepas APK berupa stiker yang terpasang di kaca belakang angkot kemarin.
BERGERAK: Petugas gabungan melepas APK berupa stiker yang terpasang di kaca belakang angkot kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia