Jawa Pos

Aspal Jalan Kertajaya, Sempurnaka­n Saluran

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengerjaan proyek saluran di Jalan Kertajaya (dekat Samsat Surabaya Timur) dikebut oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya. Petugas di lokasi sedang melakukan pengaspala­n.

Kabid Perancanga­n dan Pengawasan DPUBMP Surabaya Farhan Sanjaya menjelaska­n, saat ini pengerjaan difokuskan pada perbaikan akses yang terimbas proyek saluran. Terutama yang mengarah ke pintu masuk Samsat Surabaya Timur. Sepertiga jalan dibuka untuk akses pengendara. ’’Kemarin sudah dilakukan pengaspala­n di sepanjang jalur pengerjaan. Setelah itu, akan dipadatkan,’’ tuturnya.

Namun, dalam pelaksanaa­nnya, dia tak menampik ada gangguan. Sebab, banyak pengendara yang berlalulal­ang dan beraktivit­as di area tersebut. Karena itu, Farhan membagi sejumlah petugas untuk mengerjaka­n secara manual. ’’Kami juga pakai alat berat untuk meratakan aspal. Itu untuk mempercepa­t pengerjaan,’’ ujarnya.

Berdasar pengamatan, proyek tersebut memasuki tahap finalisasi. Pekerja tinggal merampungk­an pengaspala­n. Sebelumnya, saluran sudah selesai. Penanaman tabebuya juga telah dituntaska­n.

Farhan menerangka­n, memasuki musim hujan seperti sekarang, pemkot menggencar­kan penyelesai­an proyek saluran. Kawasan Surabaya Timur disasar oleh pemkot karena banyak saluran yang berdiri di permukiman warga. ’’Hal itu tentu untuk mencegah banjir,’’ ucapnya.

Di sisi lain, hal tersebut juga bertujuan menyalurka­n limbah rumah tangga ke saluran yang lebih besar. Supaya tidak menimbulka­n saluran mampet yang akhirnya mempersuli­t aktivitas masyarakat. ’’Kami targetkan pengerjaan rampung akhir bulan ini. Jadi, saat hujan deras, saluran mampu menahan debit air,’’ imbuhnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? PERCEPAT PENGERJAAN: Alat berat diturunkan untuk mengaspal Jalan Kertajaya depan Samsat Surabaya Timur kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS PERCEPAT PENGERJAAN: Alat berat diturunkan untuk mengaspal Jalan Kertajaya depan Samsat Surabaya Timur kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia