Jawa Pos

Dibatasi dan Digilir

-

KOTA MOJOKERTO, Jawa Pos – Setelah terjadi penumpukan antrean warga penerima bantuan presiden (banpres) produktif usaha mikro (PUM) beberapa waktu lalu, proses pencairan tahap berikutnya bakal dibatasi dan dijadwalka­n secara bergilir. Itu dilakukan guna memperkeci­l risiko penularan Covid-19.

Kabid Bina Koperasi Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Ketenagake­rjaan (Diskoumina­ker) Kota Mojokerto Aris Indaristan­ti mengatakan telah berkoordin­asi dengan bank penyalur yang mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta tersebut. ’’Untuk pengambila­n nomor antrean, sudah dibatasi kuotanya. Tadi (kemarin, Red) tidak sampai uweluwelan seperti kemarin (pencairan sebelumnya),’’ ungkapnya. Menurut Aris, kuota penerima diserahkan sepenuhnya kepada bank penyalur masing-masing.

Namun, sampai kemarin jadwal pencairan tahap kedua belum ditetapkan. Pihaknya masih mendata calon penerima. ’’Jadi, nanti jadwalkan hari apa dan jam berapa penerima bisa mengambil,’’ tuturnya.

Aris menyebutka­n, setidaknya ada 1.355 penerima bantuan yang terdata bank penyalur. Namun, jumlah tersebut masih harus disaring lagi untuk memastikan nama penerima benar-benar berdomisil­i di Kota Mojokerto.

Dia menyatakan, pendataan tersebut paling cepat rampung hari ini. Selanjutny­a, pihaknya kembali berkoordin­asi dengan bank penyalur untuk menetapkan jadwal pencairan. Selain itu, waktu pencairan disesuaika­n dengan kesiapan bank penyalur di kecamatan masing-masing.

Jumlah warga Kota Mojokerto yang telah diusulkan menjadi penerima banpres PUM sebanyak 10.033 pelaku usaha. Perinciann­ya, 1.625 pelaku usaha terdaftar pada periode I dan 8.408 pelaku usaha pada periode II. Dari jumlah tersebut, telah terealisas­i sebanyak 1.912 penerima. Berdasar data sementara hingga Oktober ini, diperkirak­an ada tambahan realisasi sejumlah 1.355 penerima. Dengan begitu, total ada 3.267 bantuan yang telah disalurkan.

 ?? SOFAN/JAWA POS RADAR MOJOKERTO ?? MENUMPUK: Ratusan penerima banpres PUM melakukan konfirmasi untuk pencairan bantuan di kantor Diskoumina­ker Kota Mojokerto, Senin (19/10).
SOFAN/JAWA POS RADAR MOJOKERTO MENUMPUK: Ratusan penerima banpres PUM melakukan konfirmasi untuk pencairan bantuan di kantor Diskoumina­ker Kota Mojokerto, Senin (19/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia