Jawa Pos

Kepincut Air sebagai Objek Lukis

-

SURABAYA, Jawa Pos – Lebih dari sepuluh resin yang berbentuk bulat terlihat di meja kerja seniman Mochammad Al Insan di Balong Bendo, Sidoarjo. Saat ditemui, dia sedang fokus melukis resin-resin itu. ”Itu rencana mau dipamerkan,” ujar pria yang akrab disapa Bello itu. Selain kanvas, resin dan kayu kerap dia jadikan media lukis. Bello juga kerap mengeksplo­rasi rupa kehidupan di dalam air pada lukisannya.

Bello sembari menunjukka­n sejumlah karya di galeri miliknya. Di antaranya, lukisan dengan rupa ikan koi warna-warni di beberapa kayu yang berbentuk bulat. Dia melukisnya dengan ukuran kecil. Mulai diameter 5 hingga 10 sentimeter. Ada juga lukisan pada resin dengan rupa dan diameter sejenis. Dia mengaku kerap terinspira­si kehidupan dalam air. Baik makhluk hidup maupun kehidupan di dalamnya.

Inspirasi kehidupan air itu juga diterapkan pada karyanya di kanvas. Misalnya, pada lukisan berjudul Planet Plastik dengan rupa sebuah bulatan yang menyerupai bumi serta terbagi sisi atas dan bawah. Sisi atas menunjukka­n pegunungan es yang tampak mencair. Sementara itu, sisi bawah menunjukka­n keadaan lautan. Dua sisi itu sama-sama dipenuhi sampah botol plastik yang menumpuk. Pada bagian atas bulatan juga tampak seorang bayi.

Bello menjelaska­n bahwa lukisan itu menyindir tentang penumpukan sampah botol plastik. Yang bisa mengakibat­kan pencemaran lingkungan. Baik di darat, laut, maupun udara. Dari rupa itu, Bello ingin menyampaik­an pesan agar manusia peduli tentang pencemaran ini. Misalnya, mendaur ulang atau mengurangi penggunaan plastik.

”Jika tidak, generasi selanjutny­a yang kasihan. Itu disimbolka­n dengan rupa bayi pada lukisan,” papar pemilik Bella Bello Art Studio itu.

Kepedulian­nya terhadap lingkungan tersebut memberinya banyak inspirasi. Salah satunya, dalam mengeksplo­rasi kehidupan air. Menurut dia, banyak sekali kekayaan dan keindahan air yang bisa dirupakan dalam karya. Misalnya, dengan melukis ikan, ombak, atau tanaman dan karang bawah laut.

Selain itu, dia kerap melukis rupa yang menunjukka­n kecintaann­ya pada Sang Pencipta. Misalnya, lukisan berupa gambar abstrak. Yang menunjukka­n rasa syukurnya pada Tuhan karena diberi kehidupan yang bahagia. Rencananya, lukisan-lukisan itu dipamerkan pada pameran tunggal pada akhir Oktober mendatang. Nanti Bello khusus memamerkan karyanya yang dilukis di kanvas.

 ?? MOCH AL INSAN FOR JAWA POS ?? SUKA: Moch. Al Insan menyelesai­kan salah satu lukisannya yang disebutnya terinspira­si dari kehidupan makhluk air.
MOCH AL INSAN FOR JAWA POS SUKA: Moch. Al Insan menyelesai­kan salah satu lukisannya yang disebutnya terinspira­si dari kehidupan makhluk air.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia