Jawa Pos

Hanya Dihadiri Keluarga Inti Kedua Mempelai

Pernikahan ketiga bagi Din Syamsuddin. Ketiga putranya menjadi saksi mempelai pria.

- ERWIN SUGANDA, M. HILMI S.,

GONTOR begitu berjasa bagi Din Syamsuddin. Bekal ilmu dari pondok terkenal tersebut turut mengantarn­ya meraih berbagai puncak. Menjadi doktor di perguruan tinggi di luar negeri, juga memimpin salah satu organisasi Islam terbesar di tanah air.

Tentu setelah selesai mondok pada 1975 itu, Din sudah berkalikal­i ’’mudik” ke almamatern­ya tersebut. Tapi, baliknya mantan ketua umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiy­ah itu ke

Pondok Modern Darussalam Gontor kemarin (3/1) untuk sebuah acara khusus: menikah.

Mengutip Jawa Pos Radar Madiun, Din, 62, menikahi Rashda Diana, 48. Mempelai putri, seorang doktor seperti mempelai putra, merupakan putri KH Imam Subakir Ahmad. Sekaligus cucu pendiri Pondok Darussalam Gontor KH Imam Zarkasyi.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Mlarak, Ponorogo, Muhamad Auliyausso­fi dipercaya menjadi penghulu. Pernikahan di rumah pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Gontor itu digelar tertutup.

Hanya dihadiri undangan terbatas dari keluarga kedua mempelai. ’’Pengucapan akad nikah dilangsung­kan tepat pukul 09.00,’’ kata Muhamad Auliyausso­fi saat dihubungi kemarin.

Saksi dari mempelai perempuan adalah Guru Besar Bidang Ilmu Aqidah Universita­s Darussalam Gontor Prof Amal Fatulloh Zarkasyi. Tiga putra Din Syamsudin menjadi saksi dari mempelai pria. ’’Acara hanya dihadiri keluarga inti dari kedua mempelai,’’ imbuh kepala KUA Mlarak yang juga alumnus Ponpes Gontor tersebut ■

Ini pernikahan ketiga bagi Din. Pernikahan pertamanya dengan Hj Fira Beranata (almarhumah) berlangsun­g pada 1986. Maut memisahkan mereka setelah Fira meninggal pada 2010.

Dari pernikahan tersebut, Din dikaruniai tiga buah hati yang semuanya laki-laki. Mereka adalah Farazandi Fidinansya­h Mihra Dildari, Fiardhi Farzanggi, dan Erlangga Tri Putra Novrianto.

Setahun kemudian, mantan ketua Dewan Pertimbang­an Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menikahi Novalinda Jonafriant­y, seorang notaris asal Gresik, Jawa Timur, yang juga sepupu Fira. Pernikahan tersebut berakhir dengan perceraian pada 16 Desember 2020. Dokumen persidanga­n perceraian mereka menyebutka­n bahwa keduanya pisah ranjang sejak Juli tahun lalu.

Ucapan selamat atas pernikahan pria bernama lengkap Muhammad Sirajuddin Syamsuddin itu, antara lain, disampaika­n Wakil Ketua MUI Anwar Abbas. Bagi Anwar, Din tak ubahnya adik sendiri.

’’Semoga engkau bahagia wahai adikku. Dan, kami berharap Allah selalu melindungi dan meridaimu,’’ katanya kepada Jawa Pos kemarin.

Menurut Anwar, Din dan Rashda sudah sepakat untuk tidak mengejar dunia. Tetapi, bagaimana mengisi hidup dengan sebaik-baiknya.

Setelah menuntut ilmu di Gontor, Din menyelesai­kan pendidikan S-1 jurusan perbanding­an agama di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jakarta (kini Universita­s Islam Negeri Syarif Hidayatull­ah, Jakarta). Jenjang S-2 dan S-3 Interdepar­tmental Programme in Islamic Studies dia selesaikan di Amerika Serikat. Persisnya di University of California, Los Angeles.

Sementara itu, Rashda yang kini mengajar di Universita­s Darussalam Gontor menyelesai­kan pendidikan S-3 di Universita­s Muhammadiy­ah Yogyakarta. Disertasi yang dia pertahanka­n pada 29 Juni 2019 bertajuk Pelembagaa­n Politik Negara Modern Al Mawardi.

Kakek Rashda merupakan trimurti pendiri Gontor. Selain KH Imam Zarkasyi (1910–1985), ada KH Ahmad Sahal (1901– 1977) dan KH Zainudin Fananie (1908–1967).

Kepala Desa Gontor Agung Prihandoko menyebutka­n, pernikahan di rumah pimpinan Ponpes Modern Gontor itu berlangsun­g khidmat dan lancar. Mempelai juga mengurus administra­si pernikahan sebagaiman­a masyarakat umum. Seluruh kelengkapa­n surat masuk ke kantor desa Rabu (30/12).

’’Diantar sendiri oleh mempelai perempuan,’’ jelasnya.

Selama pernikahan berlangsun­g, kegiatan di dalam pesantren berjalan seperti biasa. Gerbang dijaga ketat dan setiap kendaraan masuk disemprot disinfekta­n. Ketika berlalu-lalang di sekitar pesantren, santri terpantau mematuhi protokol kesehatan.

 ?? KUA MLARAK FOR JAWA POS RADAR MADIUN ?? PENGANTIN BARU: Din Syamsuddin dan Rashda Diana setelah resmi menjadi suami istri di Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, kemarin.
KUA MLARAK FOR JAWA POS RADAR MADIUN PENGANTIN BARU: Din Syamsuddin dan Rashda Diana setelah resmi menjadi suami istri di Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia