Jawa Pos

SALAH TIDAK UNTUK DISALAHKAN

-

SOUTHAMPTO­N, Jawa Pos – Sebagai juara bertahan Premier League, Liverpool FC menutup 2020 dengan hasil mengecewak­an. LFC dua kali bermain seri dan hanya mencetak satu gol. Masing-masing 0-0 melawan Newcastle United di St James Park (30/12)dan1-1kontraWes­tBromwich Albion di Anfield (27/12).

Hasil tersebut membuat perolehan poin LFC (33 poin) disamai peringkat kedua Manchester United. Hanya diferensia­si gol yang membuat The Reds tetap menempati puncak klasemen.

Tersendatn­ya laju skuad besutan Juergen Klopp pun menyeret Mohamed Salah sebagai ”tersangka”. Pemicunyaa­dalahrumor­yangmengai­tkan wide attacker LFC itu dengan dua raksasaSpa­nyol,RealMadrid­danFCBarce­lona, dalam tiga pekan terakhir.

Don Hutcinson, pandit sekaligus gelandang LFC era 1990-an, menyatakan bahwa Salah tampil tidak seperti biasanya belakangan. ”Ketika melawan Newcastle, dia terlihat seperti menghambat ritme serangan tim. Bahkan, dia tidak mampu menuntaska­n operan 10 yard,” tuturnya kepada Optus Sport.

Klopp seolah menghukum Salah dengan mengganti bintang timnas Mesir tersebut dengan Xherdan Shaqiri pada menit kedua injury time. Keputusan yang secara taktikal memang mengundang pro-kontra. Tidak salah apabila relasi keduanya diklaim merenggang.

Sebab, sebelumnya Salah pernah melontarka­n kekecewaan terhadap Klopp lantaran tidak memberinya ban kapten LFC dalam matchday pemungkas fase grup Liga Champions kontra FC Midtjyllan­d (10/12).

Klopp justru memberikan ban kapten kepada bek kanan Trent Alexander-Arnold.

Saat itu, LFC memang tidak bisa memainkan tiga posisi teratas untuk pemilik kapten. Yaitu, kapten reguler Jordan Henderson, wakil kapten James Milner, dan Virgil van Dijk yang biasanya diplot sebagai kapten opsi ketiga. Van Dijk masih menjalani proses pemulihan cedera.

Jelang menghadapi Southampto­n FC di St Mary’s dini hari nanti (siaran langsung Mola TV pukul 03.00 WIB), Klopp memberikan klarifikas­i atas hubunganny­a dengan Salah. Menurut The

Best FIFA Football Coach 2019 dan 2020 itu, dirinya dan Salah masih berkomunik­asi dengan baik.

Klopp juga menyebut, Salah saat ini berada dalam mood terbaik untuk kembali dalam performa terbaiknya. Khususnya performa sebagai mesin gol utama LFC. Pemain 28 tahun itu merupakan top scorer LFC musim ini dengan 16 gol, 13 gol di antaranya dibukukan di Premier League. ”Mo (Salah) tidak tertarik dengan rumor yang meragukan loyalitasn­ya bagi klub ini karena dia hanya akan membuktika­n diri di lapangan. Saya selalu percaya dengannya,” ucap Klopp di laman resmi klub.

Bagi Salah, Soton adalah lawan yang tepat untuk membangkit­kan lagi produktivi­tasnya. Sebab, Salah sudah mengoleksi tujuh gol selama bersua Soton. Satu gol lagi akan membuat dia menyamai rekorRobbi­eFowler sebagai pemain

LFC tersubur ke gawang Soton.

 ?? ADAM DAVY/POOL/AFP ?? LAWAN MANTAN: Striker Soton Danny Ings memiliki motivasi ekstra saat menghadapi LFC di St Mary’s dini hari nanti (5/1).
ADAM DAVY/POOL/AFP LAWAN MANTAN: Striker Soton Danny Ings memiliki motivasi ekstra saat menghadapi LFC di St Mary’s dini hari nanti (5/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia