Jawa Pos

Bikin Open Talk agar Pasien Tenang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Memasuki awal 2021, Rumah Sakit Lapangan Kogabwilha­n II (RSLK) menggelar program open talk masal. Beragam edukasi dan informasi diberikan pihak rumah sakit kepada seluruh pasien. Di antaranya, penjelasan mengenai kondisi RSLK. Lalu, perkembang­an dan update Covid-19. Harapannya, mereka bisa menjalani isolasi dengan tenang.

Open talk masal berlangsun­g setiap Sabtu pukul 10.00–11.30 di halaman RSLK. Seluruh pasien dan nakes dikumpulka­n dalam satu tempat. ”Dengan forum ini, antara pasien dan nakes bisa lebih terbuka. Pasien bisa leluasa bertanya terkait dengan penyembuha­n,” kata Ketua Pelaksana Program Pendamping­an Keluarga Pasien Covid-19 RSLK Indrapura Radian Jadid kemarin (3/1).

Begitu juga sebaliknya. Secara terbuka tanpa ada yang ditutupi, kondisi RSLK diberitahu­kan kepada para pasien. Misalnya, lonjakan kasus yang sedang terjadi. Untuk mempercepa­t penyembuha­n, mereka juga diminta untuk menerapkan beberapa langkah. Di antaranya, memperbany­ak olahraga dan mengonsums­i vitamin. Pasien juga diajak bicara mengenai psikologis, kesehatan, ekonomi, sosial masyarakat, dan lingkungan pekerjaan.

Jadid menjelaska­n, 4.820 pasien telah sembuh. Sekarang tinggal 287 pasien yang masih mendapatka­n perawatan medis.

Mereka berasal dari klaster keluarga, instansi, dan lembaga pendidikan. Banyaknya pasien yang telah sembuh membuat jumlah peserta donor plasma terus bertambah.

Melalui ikatan alumnus Covid-19 RSLK Indrapura, 30–50 mantan pasien Covid-19 mendaftark­an diri untuk bersedia melakukan donor plasma. Meski begitu, jumlah tersebut belum memenuhi kebutuhan yang diperlukan. Sehari 100 kantong plasma dibutuhkan dalam penyembuha­n pasien di lingkungan kerjanya di Jawa Timur.

”Lalu, bulan ini tenaga medis kembali ditambah. Yakni, 6 dokter, lalu 8 perawat, dan 2 relawan. Begitu juga penambahan tempat tidur. Kami menargetka­n Februari 500 tempat tidur telah tersedia,” ujarnya.

 ?? RSLK FOR JAWA POS/JAWA POS ?? SHARING BARENG: Petugas RSLK berbicara tentang banyak hal dengan pasien agar mereka tenang menjalani perawatan.
RSLK FOR JAWA POS/JAWA POS SHARING BARENG: Petugas RSLK berbicara tentang banyak hal dengan pasien agar mereka tenang menjalani perawatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia