Jawa Pos

Ajang Silaturahm­i dengan Melukis Bersama-sama

Sekaligus Rayakan Datangnya Tahun 2021

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sebelas seniman tampak duduk di serambi sekretaria­t Komunitas Perupa Jawa Timur (Koperjati) Darmokali. Masingmasi­ng memegang kuas dan kanvas serta melukiskan berbagai rupa. Kegiatan itu diselengga­rakan sebagai ajang silaturahm­i antaranggo­ta Koperjati domisili Surabaya untuk menyambut Tahun Baru 2021.

Cuaca cerah dan angin sepoi-sepoi mendukung acara pada suatu pagi di akhir Desember 2020. Tiap seniman tampak melukiskan rupa yang berbeda sesuai ide dan aliran masing-masing. Misalnya, seniman Budi Bi yang menggambar rupa seorang pria dengan cat air. Itu adalah rupa rekan sesama senimannya, Welldo Wnophringg­o, yang hadir juga saat acara berlangsun­g.

”Kebetulan penampilan­nya juga nyentrik, jadi pas kalau dilukis,” ujar Budi, lantas tersenyum.

Ada juga seniman Suzan yang tampak menggambar rupa bunga lili lengkap dengan daun-daunnya. Dia menggambar­nya dengan warna-warna pastel. Menurut Suzan, bunga memang kerap menjadi objek lukisannya. Perempuan berhijab itu ingin melukisnya lagi untuk membangkit­kan semangat menyambut tahun baru. ”Rupanya yang cantik membawa energi positif juga,” ujar Suzan.

Agenda melukis bersama itu diselengga­rakan untuk menyambut tahun baru. Itu juga merupakan ajang meluapkan keinginan bersilatur­ahmi setelah sekian lama tak jumpa. Sebab, mereka harus membatasi bepergian saat pandemi. ”Ini juga yang hadir hanya yang domisili Surabaya. Yang lain tidak kami paksakan untuk hadir agar tetap menjaga protokol kesehatan,” kata Anang Timoer, penggagas acara.

Lukisannya pun dibebaskan tanpa tema khusus. Tujuannya, mengasah ide dan kreasi para seniman sesuai dengan aliran masing-masing. Mereka juga menyampaik­an harapan-harapan untuk tahun yang akan datang. ”Semoga 2021 ini bisa pameran dan melukis on the spot bersama-sama lagi. Serta seniman-seniman di Jawa Timur harus tetap semangat meski masih pandemi,” pungkas Koordinato­r Koperjati Saiful Mujib.

 ?? KOPERJATI FOR JAWA POS ?? BERJUMPA: Para seniman yang tergabung dalam Koperjati melukis bersama di serambi sekretaria­t komunitas itu.
KOPERJATI FOR JAWA POS BERJUMPA: Para seniman yang tergabung dalam Koperjati melukis bersama di serambi sekretaria­t komunitas itu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia