Jawa Pos

Terdampak Banjir, Jalan Raya Cerme Rusak Parah

Menunggu Langkah Perbaikan dari BBPJN

-

GRESIK, Jawa Pos – Hampir sepekan banjir akibat luapan Kali Lamong menggenang­i Desa Tambakbera­s, Cerme. Tak terkecuali Jalan Raya Cerme. Dampaknya, seperti kejadian tahun-tahun sebelumnya, genangan itu membuat jalan nasional tersebut rusak cukup parah. Karena itu, Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan Nasional (BBPJN) mesti segera bertindak untuk memperbaik­inya.

Akses lalu lintas di jalan penghubung ke wilayah Gresik Selatan itu tersendat. Kemarin (4/1) Jalan Raya Cerme tersebut macet. Terutama saat pagi dan sore. Maklum, para pengendara mesti berjalan pelan-pelan. Sebab, mereka harus menghindar­i lubang-lubang besar yang sebagian masih tertutupi genangan air. Untuk memperlanc­ar arus lalu lintas, sejumlah warga setempat pun turut mengatur kendaraan.

Kerusakan jalan tersebut terjadi belum lama. Tepatnya, setelah banjir luapan Kali Lamong datang. Selain itu, ditambah hujan dalam beberapa hari terakhir. Belum lagi, jalan tersebut menjadi akses kendaraan besar. Padahal, sudah ada alternatif tol KLBM (Krian– Legundi–Bunder–Manyar). Setidaknya, panjang kerusakan jalan itu mencapai 500 meter. Tepatnya, di Desa Tambakbera­s mengarah ke utara. Di akses tersebut, banyak lubang yang membahayak­an.

Saat siang, para pengendara masih bisa melihat kondisi jalan. Apabila malam, di sepanjang jalan itu masih sangat minim penerangan sehingga berpotensi membuat pengendara terjatuh. Terutama pengguna sepeda motor. ’’Kalau tidak segera diperbaiki, lubang yang saat ini masih dangkal bisa semakin dalam dan melebar. Sekarang saja sudah parah, aspalnya mengelupas,” kata Fauzi, salah seorang warga setempat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pemkab Gresik Gunawan Setiaji mengatakan, pihaknya hanya bisa mengusulka­n atau melaporkan bahwa terjadi kerusakan di Jalan Raya Cerme tersebut. Dia pun berharap akses itu segera diperbaiki. ’’Memang pada musim hujan begini, jalan rawan rusak. Kalau yang bukan ranah kami, tentu hanya dapat mengusulka­n,” ujarnya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? MEMBAHAYAK­AN: Kondisi Jalan Raya Cerme, tepatnya di Desa Tambakbera­s, belakangan rusak parah setelah beberapa hari tergenang luapan banjir Kali Lamong.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS MEMBAHAYAK­AN: Kondisi Jalan Raya Cerme, tepatnya di Desa Tambakbera­s, belakangan rusak parah setelah beberapa hari tergenang luapan banjir Kali Lamong.
 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? KEWENANGAN PUSAT: Akibat kerusakan Jalan Raya Cerme, laju kendaraan merambat sehingga terjadi kemacetan panjang. Terutama saat jam berangkat dan pulang kerja.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS KEWENANGAN PUSAT: Akibat kerusakan Jalan Raya Cerme, laju kendaraan merambat sehingga terjadi kemacetan panjang. Terutama saat jam berangkat dan pulang kerja.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia