Jawa Pos

Bisa Bela Diri, Satpam Gagalkan Curanmor

-

GRESIK, Jawa Pos – Beruntung Andri Esandi Ari memiliki kemampuan bela diri. Dengan kelebihan itu, pria yang bekerja sebagai satpam tersebut bisa menggagalk­an percobaan pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Pelaku berinisial MD pun ditangkap.

Kapolsek Manyar Iptu Bima Sakti menceritak­an, kasus curanmor itu terjadi pada Sabtu (2/1) pukul 23.50. Tempat kejadian perkara (TKP) berada di Jalan Topas, Perumahan Pondok Permata Suci (PPS), Manyar. ’’Dia sedang bertugas di perumahan. Malam itu dia berkelilin­g. Ternyata, ada maling beraksi di garasi rumah salah seorang warga,’’katanya.

Nah, sang pemilik motor bernama Muhammad Aqshol Fahreza malam itu sedang beristirah­at di kamarnya. Tiba-tiba, pemuda 18 tahun itu mendengar suara seperti gantungan kunci motor miliknya. ’’Setelah dicek, ternyata ada orang yang tak dikenal duduk di atas motornya sedang mengutakat­ik kunci motor,’’ ungkap perwira dengan dua balok di pundak itu.

Aqshol langsung keluar rumah. Mengetahui aksinya diketahui, MD bersembuny­i di samping sebuah mobil tidak jauh dari TKP. Lalu, pelaku kembali lagi. Merasa situasi sudah aman, pelaku nekat kembali untuk mencuri motor. Diam-diam korban yang merasa curiga berinisiat­if menghubung­i satpam perumahan untuk meminta bantuan.

’’Satpam akhirnya memergoki seseorang yang tengah berusaha memasukkan kunci motor. Meski jelas tepergok, pelaku berupaya mengelak dengan berbagai alasan dan mencoba kabur,’’ kata mantan Kanitresmo­b Polrestabe­s Surabaya tersebut.

Pengejaran pun dilakukan. Karena suasana gaduh, beberapa penghuni perumahan keluar. Ternyata, satpam sedang berduel satu lawan satu dengan pelaku. Karena satpam memiliki kemampuan bela diri, pencuri tersebut bisa diringkus. Setelah diamankan sebentar di pos pengamanan, pelaku diserahkan ke Polsek Manyar.

Atas keberanian satpam tersebut, Bima memanggiln­ya ke Mapolsek Manyar. Dia memberikan apresiasi khusus. Pihaknya pun mengimbau kepada para satpam, baik perumahan maupun tempat lain, untuk tidak segan-segan mengambil tindakan jika ada dugaan tindak kriminal yang diketahui. ’’Jangan ragu untuk mengambil tindakan tegas dan terukur. Tentu juga segera berkomunik­asi dengan kami untuk proses hukum lebih lanjut,’’ tandasnya.

 ?? LUDRY PRAYOGA/JAWA POS ?? AYO PATUH: Petugas gabungan menindak warga yang tidak mengenakan masker dalam operasi yustisi penegakan prokes.
LUDRY PRAYOGA/JAWA POS AYO PATUH: Petugas gabungan menindak warga yang tidak mengenakan masker dalam operasi yustisi penegakan prokes.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia