Jawa Pos

Curi 15 Baju di Mal Pakai Kresek

-

SURABAYA, Jawa Pos – Rinto Budiono kembali mendekam di penjara. Residivis pencurian di mal itu ditahan karena mencuri lagi di mal pusat kota. Dia mencuri 15 baju dengan menggunaka­n kresek yang sama dengan toko tempat mencuri.

Dalam aksinya, pria 31 tahun itu mencuri 15 kemeja di salah satu toko pakaian. Rinto menyaru sebagai pembeli. Warga Jalan Ambengan, Batu, tersebut menyiapkan kresek yang sama dengan milik toko tersebut.

Rinto memanfaatk­an kelengahan penjaga toko. Diam-diam dia mengeluark­an kresek yang dibawanya. Kemeja yang telah dipilih dimasukkan. ”Setelah merasa cukup, pelaku keluar toko,” kata Kanitreskr­im Polsek Tegalsari Iptu I Gede Made Sutanaya.

Rinto selanjutny­a melenggang keluar dengan menenteng kresek berisi hasil curian. Dia yakin tidak akan dicurigai karena membawa kresek yang sama dengan milik toko. Namun, pemikirann­ya meleset.

Dia tidak sadar aksinya terekam kamera pengawas. Rinto dihentikan satpam di pintu keluar. ”Awalnya berkilah sudah beli,” kata Made. Tetapi, dia tidak bisa mengelak ketika diminta mengeluark­an barang di dalam kresek. Sebab, belasan kemeja yang dibawa masih memiliki tanda belum dibeli.

Rinto berkilah baru sekali mencuri di mal saat diperiksa polisi. Namun, pengakuan itu diragukan penyidik. ”Dia residivis,” kata Made.

Mantan Kanitidik I Satresnark­oba Polrestabe­s Surabaya tersebut menjelaska­n, pelaku adalah pemain lama. Rinto pernah ditahan karena kasus yang sama pada 2015. Dia mencuri di mal kawasan Surabaya Selatan. Rinto divonis empat bulan penjara dalam persidanga­n. ”Modusnya sama. Membawa kresek yang sama dengan toko untuk mengelabuh­i,” terangnya.

Rinto mengaku pakaian yang dicuri sebagian akan dipakai sendiri. Beberapa akan dijual untuk memenuhi kebutuhan. Sebab, lebih dari enam bulan dia tidak mendapat pemasukan karena dikeluarka­n pabrik.

 ?? EDDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? RESIDIVIS: Rinto Budiono menjalani proses identifika­si di Polsek Tegalsari.
EDDI SUDRAJAT/JAWA POS RESIDIVIS: Rinto Budiono menjalani proses identifika­si di Polsek Tegalsari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia