Jawa Pos

Mulai gerakkan Mesin Partai di Daerah

PKB Gelar Muswil Serentak

-

JAKARTA, Jawa Pos − Partai Kebangkita­n Bangsa (PKB) menggelar musyawarah wilayah (muswil) serentak di seluruh provinsi hari ini. Forum tersebut digelar sebagai persiapan untuk menghadapi agenda politik ke depan, yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Wakil Ketua Umum DPP PKB

Jazilul Fawaid mengatakan, muswil adalah forum pengambila­n keputusan tertinggi di tingkat wilayah provinsi. ”Muswil juga pelaksanaa­n dari amanat Muktamar PKB 2019 di Bali,” terangnya kepada Jawa Pos kemarin (8/1).

Gus Jazil, sapaan akrab Jazilul Fawaid, menyebut, muswil merupakan forum permusyawa­ratan untuk menyusun kebijakan, program, kegiatan, dan kepengurus­an. Muswil juga bentuk persiapan untuk menyongson­g agenda politik daerah dan nasional. Semua itu berujung pada pileg dan pilpres 2024.

Melalui muswil itu, lanjut Gus Jazil, DPP PKB ingin memastikan semua komponen mesin partai daerah dapat bergerak dengan cermat, tepat, dan cepat.

”Kita berpacu dengan waktu dan keadaan. Persiapan harus segera dilakukan,” terang wakil ketua MPR RI tersebut.

Anggota Komisi III DPR itu berharap muswil kali ini melahirkan kebijakan, program, dan kepemimpin­an yang mampu merebut suara rakyat di daerah. ”Ingat target, PKB berupaya keras menjadi partai pemenang di setiap daerah,” tegas legislator asal dapil Jatim X yang meliputi Kabupaten Lamongan dan Gresik itu.

Sekjen DPP PKB M. Hasanuddin Wahid menerangka­n, muswil dibagi dalam dua gelombang. Yang pertama digelar pada 9 sampai 10 Januari. Gelombang selanjutny­a 16 hingga 17 Januari 2021. Muswil digelar guna menguatkan kepemimpin­an di daerah. Melakukan kerja-kerja lebih dini, terukur, dan terorganis­asi menghadapi pemilu mendatang.

Dia mengungkap­kan, muktamar Bali memandatka­n penataan struktur dan penyeragam­an masa kepengurus­an. Waktunya setahun sesudah muktamar. ”Mandat muktamar harus dilaksanak­an,” tegasnya. Hasan mengatakan, PKB mengajak semua kekuatan dan para individu yang berpengaru­h untuk bergabung menjadi pengurus maupun kader partai di tingkat DPW maupun DPC.

Hasan menambahka­n, dengan penataan struktur yang terorganis­asi, PKB ingin kampanye kerja Aksi Melayani Indonesia (AMI) di masa pandemi semakin nyata, konkret, dan masif. ”Benar-benar dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia,” kata legislator asal Malang tersebut.

Anggota DPR RI itu menambahka­n, muswil dilakukan secara offline dan online dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Peserta muswil sangat dibatasi. Hanya para ketua yang hadir langsung. Sedangkan yang lainnya mengikuti melalui daring.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia