Jawa Pos

KKB Papua Bakar Pesawat Sipil

-

JAYAPURA, Jawa Pos – Pesawat MAF PK-MAX yang dipiloti warga AS, Alex Luferchek, dibakar kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Lapangan Terbang Kampung Pagamba, Distrik Mbiandoga, Kabupaten Intan Jaya, Rabu (6/1). Kemarin (8/1) Tentara Pembebasan Nasional (TPN) Papua Barat (PB) akhirnya angkat suara. Mereka mengaku bertanggun­g jawab atas kejadian tersebut.

TPNPB menyatakan, aksi itu mereka lakukan karena pesawat tersebut sering mengangkut personel TNI-Polri. Pesawat itu juga sering membawa bahan makanan untuk para personel TNI-Polri. Mereka menganggap pesawat tersebut bagian dari persekongk­olan sehingga pantas ditembak atau dibakar.

’’Alasannya sudah jelas, tahun lalu (2019 dan 2020) manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM mengumumka­n bahwa apabila helikopter civilian dan pesawat civil komersial mengangkut anggota TNI dan Polri, TPNPB siap tembak,” tegas Jubir TPNPB Sebby Sambom melalui pesan singkatnya Jumat (8/1).

Kabidhumas Polda Papua Kombespol A.M. Kamal mengatakan, Polres Nabire telah berkoordin­asi dengan Polres Intan Jaya untuk menuju lokasi kejadian. Sebab, peristiwa tersebut terjadi di wilayah Polres Intan Jaya.

Kamal menerangka­n, kejadian itu bermula sekitar pukul 09.00 WIT. Pesawat yang dipiloti Alex Luferchek terbang dari Bandara Nabire dengan membawa dua penumpang masyarakat. Tujuannya adalah lapangan terbang perintis milik MAF. Sekitar pukul 09.30, Alex melaporkan via radio ke kantor MAF bahwa pesawat telah mendarat dengan selamat di Pagamba. Pilot lantas turun dari pesawat. Kemudian, datang seseorang yang diduga KKB membawa senjata. Dia mengeluark­an tembakan ke udara sambil menyuruh pilot untuk menunduk.

’’Pilot diamankan para pendeta dan masyarakat ke Kampung Tekai, perbatasan antara Kampung Bugalaga dan Kampung Pagamba Distrik Mbiandoga, Kabupaten Intan Jaya. Tak lama kemudian, pesawat dibakar KKB,” papar Kamal seperti dikutip dari ceposonlin­e.

 ?? SEBBY SEMBOM FOR CEPOS ?? DIBURU APARAT: Dua orang yang diduga anggota KKB naik ke puing pesawat sambil menunjukka­n senjatanya.
SEBBY SEMBOM FOR CEPOS DIBURU APARAT: Dua orang yang diduga anggota KKB naik ke puing pesawat sambil menunjukka­n senjatanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia