Jawa Pos

Jadikan Balai Pemuda Tempat Nongkrong

-

SURABAYA, Jawa Pos − Pemkot benar-benar ingin mewujudkan kompleks Balai Pemuda sebagai destinasi wisata baru. Bangunan yang berlokasi di antara Jalan Gubernur Suryo dan Yos Sudarso itu juga akan dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda.

Ada dua kolam dengan air mancur baru yang dibangun di tengah lapangan Balai Pemuda oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya. Ada hiasan lampu warna-warni yang dipercanti­k dengan efek asap setiap malam.

”Memang kami desain untuk pusat wisata nanti. Bisa untuk tempat nongkrong anak-anak muda,” ujar Kepala Bidang Bangunan Gedung DPRKP CKTR Surabaya Iman Krestian Maharhando­no kemarin (8/1).

Pada 2020, DPRKP CKTR sudah menyelesai­kan alun-alun bawah tanah. Lokasinya persis di bawah bangunan utama Balai Pemuda. Pintu masuknya didesain serbakaca dengan hiasan air mancur di sisi kanan dan kirinya. Mereka juga membangun food court yang berlokasi persis di atas kantin DPRD Kota Surabaya. Tepat di depan lobi utama gedung dewan yang baru.

Meski sudah rampung, tempat yang bakal menjadi pusat kuliner itu belum dioperasik­an. DPRKP CKTR masih memproses serah terima ke dinas pemuda dan olahraga (dispora) sebagai pengelola. ”Kapasitasn­ya tidak banyak. Hanya cukup untuk lima stan,” kata Iman.

Iman mengungkap­kan, lokasi yang dipakai food court tidak luas. Yang difokuskan memang tempat untuk nongkrong. ”Nanti mau dibuka atau dioperasik­an kapan, kita belum tahu. Itu nanti dispora yang mengelola,” terangnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? TONGKRONGA­N BARU: Area food court di kompleks Balai Pemuda telah selesai dibangun. Tapi, tempat tersebut belum bisa difungsika­n karena menunggu serah terima.
FRIZAL/JAWA POS TONGKRONGA­N BARU: Area food court di kompleks Balai Pemuda telah selesai dibangun. Tapi, tempat tersebut belum bisa difungsika­n karena menunggu serah terima.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia