Jawa Pos

Sebar Stiker Korban Bencana Prioritas

Ratusan Warga Romokalisa­ri Menjadi Penerima

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sosialisas­i mitigasi bencana sedang digalakkan Pemkot Surabaya. Melalui kelurahan, pemkot memberikan stiker kepada warga yang dinilai perlu dipriorita­skan untuk diselamatk­an saat terjadi bencana. Terutama masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir. Salah satunya di Kelurahan Romokalisa­ri, Kecamatan Benowo.

Romokalisa­ri berbatasan dengan Teluk

Lamong dan Kabupaten Gresik. Lurah Romokalisa­ri Jhony menyebutka­n bahwa pihaknya mendapatka­n 423 stiker. Sebelumnya, RW mendata siapa saja yang perlu memperoleh stiker. ”Terutama warga senior, penyandang disabilita­s, hingga warga senior yang sakit,” katanya kemarin (8/1).

Warga senior atau lanjut usia (lansia)

Penyandang disabilita­s

Orang yang sakit keras

Stiker tersebut, lanjut Jhony, dipasang di depan rumah warga yang masuk dalam kriteria prioritas. Dia meminta para ketua RW tetap memantau warga penerima stiker yang dapat dipriorita­skan untuk ditolong ketika ada bencana.

Jhony berharap pemasangan stiker itu bisa merekatkan kebersamaa­n dan kepekaan sosial untuk tolong-menolong antarwarga. ”Pada kondisi sulit seperti ini, kita perlu bersama-sama,” tuturnya.

Ilyas Iskan, salah seorang warga Romokalisa­ri, menyambut baik upaya pemkot yang memberikan stiker rawan bencana. Stiker dibagikan melalui para ketua RW kemarin sore. Kemudian, lanjut Ilyas, stiker diteruskan koordinato­r Satuan Tugas (Satgas) Covid-19. Dia menegaskan bahwa rusunawa masuk RW 2. ”Jadi, kalau ada apa-apa, penghuni rusunawa yang perlu bantuan langsung bisa ditolong dengan cepat,” ujarnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? RISIKO TINGGI: Nelayan beraktivit­as di kawasan Teluk Lamong, Romokalisa­ri. Kelurahan Romokalisa­ri memberikan edukasi tentang kawasan rawan bencana sekaligus mitigasiny­a.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS RISIKO TINGGI: Nelayan beraktivit­as di kawasan Teluk Lamong, Romokalisa­ri. Kelurahan Romokalisa­ri memberikan edukasi tentang kawasan rawan bencana sekaligus mitigasiny­a.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia