Jawa Pos

Gus Ipul Tolak Mobil Dinas Baru

-

KOTA PASURUAN, Jawa Pos – Pemkot Pasuruan berencana membeli mobil dinas (mobdin) baru untuk wali kota terpilih. Namun, Saifullah Yusuf, wali kota yang baru, ternyata menolak rencana tersebut.

Gus Ipul –sapaan Saifullah Yusuf– menilai pengadaan mobil dinas baru saat ini tidak diperlukan. Karena tidak termasuk kebutuhan yang mendesak di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. ”Saat ini kan suasananya penuh keprihatin­an,” kata Gus Ipul saat dikonfirma­si.

Menurut dia, penanganan pandemi harus menjadi prioritas ketimbang membelanja­kan APBD untuk mobil dinas baru. Karena itu, akan lebih baik kalau anggaran yang sudah dialokasik­an untuk membeli mobil dinas baru dialihkan untuk penanganan pandemi.

Apalagi, nilainya juga cukup besar. Yaitu, Rp 850 juta untuk satu unit mobil. ”Lebih baik dialihkan untuk membelanja­kan keperluan yang dibutuhkan masyarakat. Seperti, membeli mesin rapid test antigen, mobil ambulans, serta keperluank­eperluan lain,” ujarnya.

Di samping itu, lanjut Gus Ipul, mobil dinas wali kota saat ini masih layak untuk dipakai. Apalagi, dalam waktu dekat program vaksinasi tahap pertama segera dilaksanak­an. Artinya, fokus utama pemerintah harus diarahkan ke sana.

Saat ini, wali kota Pasuruan disediakan tiga mobil dinas. Yaitu, jenis sedan Toyota Camry Hybrid 2013, Toyota Fortuner, dan jenis MPV Toyota Innova. Rencananya, wali kota terpilih dibelikan mobil dinas baru untuk menggantik­an mobil dinas Toyota Camry. Sebagaiman­a yang disampaika­n

Kepala Dinas Komunikasi Informatik­a dan Statistik Kota Pasuruan Kokoh Arie Hidayat.

Berdasar penelusura­n Jawa Pos Radar Bromo di website resmi Toyota, memang ada sedan Toyota Camry Hybrid 2020. Nama resminya adalah All New Camry Hybrid dengan harga Rp 845.500.000. Jenis itu diklaim sebagai mobil mewah yang ramah lingkungan. Menurut Kokoh, pembelanja­an mobil dinas baru tersebut tetap bergantung pada wali kota terpilih. Apakah perlu dibelanjak­an atau tidak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia