Jawa Pos

Selundupka­n Sabu-Sabu Pakai Termos

Paket Dikirim dari Malaysia

-

SURABAYA, Jawa Pos – Empat kurir narkoba jaringan internasio­nal ditangkap polisi. Mereka adalah Sanidin, Abidin, Siti Khotijeh, dan Deddy Syahputra. Keempatnya berasal dari dua sindikat yang berbeda.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Gatot Repli Handoko menjelaska­n, dua kasus yang terungkap memiliki benang merah sama. Narkoba yang diamankan dari para tersangka dikirim oleh penyuplai yang tinggal di Malaysia.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Perak

Aris Sudarminto memaparkan, temuan paket mencurigak­an itu terendus jajarannya saat melalui pemeriksaa­n X-ray. Dalam proses tersebut, pihaknya menemukank­ejanggalan­padaduapak­et yangtertul­isberisite­rmos.’Didalamter­mos terlihat sesuatu,’ ungkapnya.

Petugas membongkar dua paket itu. Hasilnya, ditemukan empat plastik berisi sabu-sabu (SS). Masing-masing memiliki berat sekitar 1 kilogram. Bea Cukai Tanjung Perak lantas melaporkan temuan tersebut ke ditreskoba.

Ditreskoba Polda Jatim akhirnya membentuk dua tim. Sebab, dua paket narkoba itu dikirim ke dua alamat yang berbeda. Yakni, Bangkalan dan Sampang. ’’Kami amankan tiga orang sebagai penerimany­a,’’ kata Kasubdit III Ditreskoba Polda Jatim AKBP Aditya Puji.

Di Bangkalan, polisi menangkap Siti sebagai penerima paket. Sementara itu, di Sampang, penerimany­a adalah Sanidin dan Abidin. ’’Mereka berperan sebagai kurir,’’ jelasnya. Dalam penyidikan, diketahui bahwa dua paket tersebut akan dikirim lagi ke orang lain dengan sistem ranjau.

Adit menambahka­n, tak lama berselang, jajarannya kembali mengendus transaksi narkoba di Jalan Kranggan, Surabaya. Narkoba itu diranjau di sebuah penginapan.

Di penginapan tersebut, petugas menangkap Deddy. Dia dibekuk sesaat setelah meranjau 2 kilogram SS di salah satu kamar. Narkoba itu disembunyi­kan di dalam stoples.

 ??  ?? ANTARNEGAR­A: Foto kiri, tersangka digiring di Mapolda Jatim. Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Perak Aris Sudarminto (kiri) dan Kombespol Gatot Repli Handoko menunjukka­n sabu-sabu yang disita.
ANTARNEGAR­A: Foto kiri, tersangka digiring di Mapolda Jatim. Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Perak Aris Sudarminto (kiri) dan Kombespol Gatot Repli Handoko menunjukka­n sabu-sabu yang disita.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia