Jawa Pos

Seluruh Pakistan Kena Padam Listrik

-

ISLAMABAD, Jawa Pos – Akhir pekan terbaru rakyat Pakistan gelap secara harfiah. Sebanyak 212 juta penduduk di negara Asia Selatan itu dibuat kaget karena listrik mati pada malam hari.

Menteri Energi Pakistan Ayub Khan menjelaska­n, mati listrik tersebut dimulai di wilayah selatan Pakistan pada Sabtu (9/1) pukul 23.41 akibat gangguan teknis.

Insiden itu akhirnya mengganggu sistem dan melumpuhka­n semua pembangkit listrik. ”Tim ahli sudah kami turunkan untuk menentukan lokasi mana saja yang sedang bermasalah,” ujarnya menurut Agence France-Presse.

Kemarin (10/1) listrik di beberapa daerah hidup lagi. Misalnya, yang terlihat di sebagian Provinsi Punjab dan Kota Karachi.

Namun, Khan memperinga­tkan bahwa pemulihan memerlukan waktu beberapa jam. Sebab, pembangkit listrik tenaga panas bumi atau nuklir tidak bisa seketika menyala. ”Kami berharap bisa mengembali­kan kapasitas listrik penuh malam ini (10/1),” tuturnya.

Meski skala mati listrik kali ini besar, belum ada laporan mengenai gangguan di fasilitas vital seperti rumah sakit. Biasanya, rumah sakit di Pakistan sudah siap dengan generator listrik untuk berjaga-jaga.

Rakyat Pakistan tidak kaget. Sebab, sebelumnya mati listrik skala nasional pernah terjadi. Pada Mei 2018, sebagian sistem listrik di Pakistan lumpuh selama sembilan jam. Pada 2015, sebanyak 80 persen wilayah mati listrik setelah pemberonta­k menyerang sistem listrik.

Pendudukpu­ntidakmenu­mpahkan kekecewaan. Mereka justru sibuk membuat lelucon sekaligus menyindir pemerintah­an Imran Khan. ”Pakistan malam ini sedang memasuki mode tidur,” tulis salah seorang penduduk di status WhatsApp.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia