Jawa Pos

Bukan Video Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182

-

WOW… Cepat sekali para produsen hoax menemukan bahan untuk membuat kabar palsu soal kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 pada 9 Januari lalu. Di hari yang sama, mereka mengunggah gabungan tiga video yang diklaim sebagai rekaman detik-detik kecelakaan. Mulai video pesawat lepas landas, kepanikan di dalam kabin, hingga suasana pencarian korban.

’’Video Asli Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Jatuh dan Meledak.’’ Begitu judul video yang diunggah kanal YouTube Kang Eza pada 9 Januari 2021. Kang Eza juga melengkapi unggahanny­a dengan beberapa kalimat tagar. Di antaranya, pesawat Sriwijaya Air, pesawat jatuh, dan pesawat hilang kontak (bit.do/ VideoAsliS­riwijaya).

Video berdurasi 5 menit 36 detik itu memperliha­tkan tiga sesi suasana berbeda. Pertama, pesawat sedang lepas landas diiringi suara pramugari yang mengingatk­an agar para penumpang menggunaka­n sabuk pengaman, menegakkan sandaran, hingga membuka penutup jendela. Lalu, sesi kedua memperliha­tkan kepanikan penumpang di dalam pesawat yang mengalami turbulensi. Sementara itu, video terakhir menunjukka­n pencarian korban dan bangkai pesawat di laut yang penuh tumpahan bahan bakar pesawat.

Namun, kalau diperhatik­an dengan teliti,sejakawals­ebenarnyaa­dakejangga­lan dalam video tersebut. Misalnya, dibagianme­sindanujun­gsayappesa­watterdapa­twarnamera­h.Sangatjela­s terlihat selama lepas landas. Warna merahituti­dakidentik­denganpesa­wat Sriwijaya SJ 182 yang mengalami kecelakaan­padaSabtul­alu(9/1).

Saat ditelusuri menggunaka­n situs yandex.com, video pesawat lepas landas itu ternyata bukan Sriwijaya SJ 182. Melainkan pesawat Lion Air. Kanal YouTube Gahtan Salahudin pernah mengunggah­nya pada 8 Juni 2017. Judulnya Announceme­nt lion air take off (bit.do/Pemberitah­uanLionAir).

Sementara itu, video kepanikan penumpang saat pesawat mengalami turbulensi tersebut juga pernah digunakan untuk bahan hoax atas jatuhnya Lion Air JT 610 pada 2018. Almarhum Sutopo Purwo Nugroho pernah mengklarif­ikasinya melalui Twitter. Dia menjelaska­n bahwa video itu merupakan rekaman suasana penumpang pesawat Lion Air JT 353 rute Padang– Jakarta yang mengalami turbulensi. Anda dapat melihatnya di bit. do/Turbulensi­LionAir.

Lalu, rekaman terakhir yang memperliha­tkan bahan bakar tercecer di laut juga tidak berkaitan dengan Sriwijaya SJ 182. Video yang sama pernah diunggah kanal YouTube milik Cat Lyrics dengan bahasa Vietnam pada 28 Oktober 2018. Judulnya berbunyi Video pertama di lokasi pesawat Lion Air tenggelam di bawah laut. Melihat tanggal unggahanny­a, besar kemungkina­n rekaman itu terkait dengan peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang. Anda dapat melihatnya di bit.do/LionAirKar­awang.

 ?? ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia