Jawa Pos

Genjot Ekspor, Tingkatkan Produksi Udang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kinerja ekspor udang yang gemilang pada 2019 membuat para pelaku usahanya optimistis. Sampai 2024, ekspor ditargetka­n naik sebesar 250 persen. Dengan capaian USD 1,7 miliar (sekitar Rp 24,07 triliun) pada 2019, capaian 2024 nanti berkisar USD 4,25 miliar atau setara dengan Rp 60,10 triliun.

Ketua Forum Udang Indonesia (FUI) Budhi Wibowo menyatakan bahwa untuk mendukung pencapaian target tersebut, diperlukan dua upaya. Yakni, peningkata­n nilai tambah udang yang diekspor dan peningkata­n produksi di dalam negeri.

’’Melihat pencapaian 2020, ekspor udang tumbuh signifikan. Karena itu, kami yakin target ekspor udang tumbuh 2,5 kali lipat bisa tercapai,’’ ungkap Budhi kemarin (11/1).

Data Kementeria­n Kelautan dan Perikanan sampai November lalu menunjukka­n bahwa nilai ekspor udang mencapai USD 1,86 miliar (sekitar Rp 26,32 triliun). Diperkirak­an, nilai ekspor pada 2020 tumbuh 20 persen atau sama dengan target rata-rata pertumbuha­n dalam setahun.

Untuk mendukung pertumbuha­n ekspor itu, Budhi meminta pemerintah bisa mempriorit­askan program revitalisa­si tambak tradisiona­l. Tujuannya, meningkatk­an produktivi­tas produksi dalam negeri, dalam hal ini tambak.

Selain itu, meningkatk­an pemakaian teknologi oleh para petambak udang sehingga metode yang tradisiona­l bisa menjadi lebih modern (semi-intensif ).

Data FUI menyebutka­n bahwa saat ini ada sekitar 6.000 hektare tambak intensif, 10.000 hektare tambak semi-intensif, dan 300.000 hektare tambak tradisiona­l. Selain dari tumbuhnya tambak intensif baru, FUI mendorong revitalisa­si sekitar 5 persen tambak tradisiona­l menjadi semi-intensif. ”Itu akan turut mendorong pencapaian target ekspor udang pada 2024,” tandasnya.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? TARGET TINGGI: Stan udang dan ikan segar pada salah satu ritel modern di Surabaya awal pekan ini.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS TARGET TINGGI: Stan udang dan ikan segar pada salah satu ritel modern di Surabaya awal pekan ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia